Kiai Musthofa Aqiel Gelar Aqiqah Cucu Kedua yang Bernama Shofwah Fahimah

0
214

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon, KH. Muh. Musthofa Aqiel Siroj menggelar acara aqiqah cucu yang kedua, yakni putri pertama dari pasangan Kang Muhammad Shidqi dan Mba Evie Shofiyah. Acara yang diisi marhabanan ini dihadiri keluarga besar Pesantren Kempek dan masyarakat sekitar dengan mengikuti protokol kesehatan, Selasa (5/1/2021).

Setelah selesai marhabanan, Kiai Musthofa Aqiel menyampaikan sambutan. Beliau mengatakan, Ini acara namanya puputan. Puputan itu infishol ‘anil umm. “Putus dari orang tua, keluar dari rahim ibu. Ia hidup di dunia, menghadapi kehidupan dengan berbagai macamnya,” jelas beliau.

Beliau juga menjelaskan bahwa puputan itu maknanya cul, cul ning alam dunia. Nok bakale sira ning alam dunia dengan problematikanya. “Sedurunge sira kenal karo wong lian, kenalan dulu karo Kanjeng Nabi,” kata Kiai Musthofa dengan menggunakan bahasa Cirebon.

“Jadi yang namanya puputan itu menyodorkan, mendekatkan dan mengenalkan bayi kepada Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi ini anak saya, tuntunlah selama hidup di dunia dan kelak bisa bertemu dengan engkau,” tambah beliau.

Lantas, beliau menyebutkan nama yang diberikan untuk cucu kedua ini. “Namanya Shofwah. Menurut Mbah Moen, kalau anak laki-laki maka ambil nama dari huruf awal ibunya dan kalau anak perempuan, maka ambil nama dari huruf awal bapaknya,” jelas Bapa Muh.

“Oleh karena bapaknya namanya Shidqi, huruf awalnya shod, maka anak ini diberi nama Shofwah, yang artinya intisari, bening atau bersih. Kemudian disambungkan dengan keluarga Lasem, orang tuanya namanya Fahimah. Jadi nama lengkapnya Shofwah Fahimah,” ungkap beliau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here