Ngaji Jurumiyah Kempek (10), Alamat I’rob Rofa’ Wawu Berikut Penjelasannya

0
41

KHASKEMPEK.COM – Alamat I’rob rofa’ yang kedua adalah wawu, di mana wawu ini merupakan alamat pengganti dari dhommah. Berikut ini penjelasannya sesuai dawuhnya kiai mushonif yang berbunyi:

واما الواو فتكون علامة للرفع فى جمع المذكر السالم والاسماء الخمسة

Wawu menjadi alamat I’rob rofa’ itu bertempat pada dua tempat, yaitu:  jamak mudzakar salim dan asma’ul khomsah. Jadi apabila ada jamak mudzakar salim dan asma’ul khomsah menetapi I’rob rofa’ maka alamatnya berupa wawu pergantian dari dhommah. Contoh jamak mudzakar salim: جاء الزيدون Lafadz الزيدون itu menetapi I’rob rofa’ karena menjadi fa’ilnya جاء alamat rofa’nya berupa wawu karena berupa jamak mudzakar salim. Contoh asma’ul khomsah: جاء ابوك Lafadz ابوك itu menetapi I’rob rofa’ karena menjadi fa’ilnya جاء alamat rofa’nya berupa wawu karena berupa asma’ul khomsah.

Selanjutnya, mengenai definisi jamak mudzakar salim dan asma’ul khomsah serta contohnya akan diterangkan berikut ini:

Definisi Jamak Mudzakar Salim

حد الجمع المذكر السالم اسم دال على اكثر من اثنين بزيادة فى اخره من واو ونون فى حالة الرفع وياء ونون فى حالتي النصب والجر صالح للتجريد وعطف مثله عليه زيد و زيد و زيد   

Definisi jamak mudzakar salim adalah isim yang menunjukkan makna lebih dari dua dengan sebab pada huruf akhirnya ditambahi wawu dan nun dalam tingkah rofa’ contoh: جاء الزيدون  dan ditambahi ya’ dan nun dalam tingkah nashob dan jer contoh: رأيت الزيدِين و مررت بالزيدِين, yang bisa dipisah-pisah dan diathofkan pada sesamanya. Artinya bisa diucapkan زيد و زيد و زيد.

Syarat Asma’ul Khomsah Dii’robi dengan Huruf

Asma’ul khomsah adalah isim-isim yang ada lima, yaitu: اب اخ حم فو ذو  Asma’ul khomsah bisa dii’robi dengan menggunakan huruf, artinya rofa’ dengan wawu, nashob dengan alif dan jer dengan ya, itu harus memenuhi empat syarat, yaitu: Pertama, mufrod artinya tidak ditasniyakan dan tidak dijamakan. Kedua, mukabbar artinya tidak ditashghir. Ketiga, dimudhofkan artinya digabung dengan kalimat yang lain. Keempat, dimudhofkan pada selain dhomir ya mutakalim. Contoh: جاء ابوك اخوك حموك فوك ذومال

Demikian, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here