NIAT MENGAJAR HANYA KARENA ALLAH

0
200
Kiai Ahmad Zaeni Dahlan sedang mengajar ngaji bersama santr-santri putri.

Oleh : KH. Ahmad Zaeni Dahlan

Untuk bisa menjadi yang berhasil dan sukses dalam tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh kita sebagai Khodim al Ilmi (guru), harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Yang pertama dan paling utama adalah hendaknya kita menjadikan khidmah kita ini sebagai wahana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT (ibadah) . Karena seperti yang didawuhkan oleh Baginda Rasul SAW:

تعلموا العلم فان تعلمه لله خشية وطلبه عبادة ومذاكرته تسبيح والبحث عنه جهاد وتعليمه لمن لا يعلمه صدقة وبذله لاهله قر بة

Pelajarilah ilmu karena mempelajari ilmu adalah sebagian dari taqwa, mencarinya adalah ibadah, mendiskusikannya adalah tasbih, mendalaminya adalah jihad, mengajarkan kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah shodaqoh dan memberikanya kepada ahlinya adalah mendekatkan diri kepada Allah.

Disinilah pentingnya niat yang baik, karena dengan niat yang baik, mengajarkan jenis ilmu apapun, apa lagi ilmu-ilmu agama, bernilai ibadah. Imam Ahmad Bin Hanbal berkata: “Ilmu tidak dapat dibandingkan dengan apapun sepanjang niatnya baik. Seseorang kemudian bertanya: “bagaimanakah niat yang baik?” Imam Ahmad menjawab: “yaitu untuk menghilangkan kebodohan dari diri sendiri dan orang lain.”

Dengan niat memerangi kebodohan ini, mengajarkan ilmu harus dijadikan sebagi battle field atau lahan Jihad bagi kita.

Kenapa? Karena ini bisa membangkitkan motivasi, memompa semangat dan kesungguhan. Dengan demikian, kita akan mempersiapkan dan menyikapi segala sesuatnya sebagiama kita menghadapi ajang peperangan yang sebenarnya.

يقول الإمام النووي رحمه الله عزوجل ” ويجب على المعلم أن يقصد بتعليمه وجه الله وألا يجعله وسيلة لغرض دنيوي فيستحضر المعلم في ذهنه كون التعليم آكد العبادات ليكون ذلك حاثا له على تصحيح النية ومحرضا له على صيانته من مكدراته ومن مكروهاته”

Imam Nawawi berkata: “Seorang guru harus meniatkan pengajarannya hanya karena Allah dan hendaknya jangan menjadikannya sebagai sarana untuk tujuan keduniaan. Sang guru harus menghadirkan dalam hatinya bahwa mengajar adalah ibadah yang utama sehingga mendorongnya untuk senantiasa memperbaiki niat, dan berkomitmen utk tetap menjaganya dari hal-hal yang bisa merusak dan menodainya.”

Semoga Bermanfaat…

#irsyadat

#khasmedia

#khaskempek

#khaskempekdotcom