Karomah Kiai Aqil Siroj, Tahu Kapan Beliau Akan Menghadap Sang Ilahi

0
235

KHASKEMPEK.COM – “Engkau Aqil?” Tanya Malaikat Izrail.

“Ya, saya Aqil,” jawab Kiai Aqil. Setelah bertanya demikian, malaikat itu pun menghilang.

Begitulah Kiai Musthofa menceritakan ayahandanya yang berjumpa dengan Malaikat Izrail menjelang ajal menjemputnya. Pada waktu itu, Kiai Aqil sedang dirawat di rumah sakit selama beberapa hari.

Setelah beberapa hari di rumah sakit, beliau belum mendapati dirinya beranjak sembuh. Akhirnya, pihak keluarga tetap merawat Kiai Aqil di rumah sakit.

Namun pada Ahad malam, pihak rumah sakit dan keluarga dikejutkan dengan permintaan Kiai Aqil yang memaksakan diri untuk pulang ke rumah. Padahal kondisi beliau masih sangat butuh perawatan khusus.

Tepatnya pada hari Senin, Kiai Aqil meninggalkan rumah sakit tanpa sepengetahuan keluarga dan pihak rumah sakit. Hal ini tentunya membuat petugas yang merawat Kiai Aqil kebingungan.

Beliau ternyata pulang ke rumah tanpa pamit melalui sebuah karomah luar biasa yaitu menghilang dan seketika sudah ada di kamar pribadinya. Tidak ada yang mengetahui misteri apa di balik sikap kukuhnya Kiai Aqil ingin segera pulang ke rumah.

Diceritakan, pada hari Ahad itu Kiai Aqil sudah ditemui oleh Malaikat Izrail, sang malaikat pencabut nyawa. Oleh karana itu, beliau bersikeras untuk segera pulang dari rumah sakit.

Jika ajal sudah di ambang pintu, buat apa berada di rumah sakit? Kata Kiai Musthofa menerka pemikiran ayahandanya kala itu.

Memasuki hari Rabu, Kiai Aqil tidak sabar menunggu bertemu dengan malaikat yang telah menemuinya di rumah sakit itu. Sehabis shalat fardhu, dengan tersenyum beliau meninggalkan dunia fana ini menuju ke alam baka.

KH. Aqil Siroj merupakan sosok kiai yang karismatik dari Kempek Cirebon dan seorang kiai yang ulet melayani umat. Beliau menghabiskan waktunya untuk berkhidmat kepada masyarakat, baik dari kalangan santri, petani, pedagang hingga para pejabat, datang untuk mengharapkan barokahnya.

Kiai Aqil dikaruniai lima putra. Yakni, Buya H. Ja’far S. Aqil Siroj (almarhum), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA, KH. Muhammad Musthofa Aqil Siroj, KH. Ahsin Syifa Aqil Siroj (almarhum) dan KH. Ni’amillah Aqil Siroj, M.Pd. Kiai Aqil sangat gigih dalam mendidik anaknya, sehingga putra-putra beliau berhasil menjadi panutan di tengah-tengah umat. (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here