Pesan Syekh Dr. Ahmad Yakhluf Agar Sukses Sebagai Pencari Ilmu

0
111
Syekh Dr. Ahmad Yakhluf bersama Kiai Musthofa Aqiel Siroj

KHASKEMPEK.COM – Pondok Pesantren KHAS Kempek pernah kedatangan seorang tamu, Syekh Dr. Ahmad Yakhluf, pimpinan lembaga pendidikan al Fath li at Ta’lim al Atiq dari wilayah al ‘Uyun as Syarqiyyah Maroko.

Beliau merasa sangat bahagia bisa berada di tengah-tengah kita dan membuka seluas-luasnya kesempatan bagi santri-santri Pondok Pesantren KHAS Kempek yang berprestasi, putra dan putri, untuk melanjutkan studinya ke lembaga pendidikan yang  beliau pimpin.

Dalam tausiah yang disampaikan di hadapan santri-santri, beliau mengingatkan bahwa kedatangan kita semua ke pondok pesantren ini adalah untuk mencari ilmu. Sebagai pengamalan dari perintah Allah SWT yang terdapat pada awal surat al Alaq, lima ayat yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Juga sesuai dengan perintah Allah SWT kepada Kekasihnya ini, hendaknya senantiasa selalu haus dan jangan sekali-kali merasa puas dan cukup atas ilmu pengetahuan yang telah kita peroleh.

قل ربي زدني علما

“Katakanlah Muhammad, Wahai Tuhanku (senantiasa) tambahkan ilmu kepada ku.”

Karena kebutuhan manusia akan ilmu sebanding dengan kebutuhan-kebutuhan primer lainnya. Seperti kita membutuhkan air ketika haus, makanan ketika lapar, sandang dan papan ketika kita telanjang dan kedinginan, maka kita juga membutuhkan ilmu pengetahuan.

Yaitu ilmu yang ada kaitannya dengan bagaimana kita bisa memahami ayat-ayat al Quran dan sunnah Rasul, sekaligus juga ilmu yang mempelajari alam raya ini. Karena manusia tanpa ilmu tidak ada harganya. Ia ibarat bangkai yang berjalan di atas dua kakinya. Sesuai dengan perumpamaan yang diungkapkan oleh Baginda Rasul SAW.

مثل الذين يذكرون والذين لا يذكرون كمثل الحي والميت

“Perumpamaan orang yang berdzkir (ilmu adalah bagian dari dzikr) dan yang tidak berdzikir adalah laksana orang yang hidup dan orang yang mati.”

Dengan ilmu, sebuah bangsa menjadi maju, makmur dan sejahtera. Sebaliknya tanpa ilmu, sebuah bangsa akan terjerumus dalam keterbelakangan, mundur dan akan tergilas oleh kemajuan zaman.

Dengan ilmu yang benar, generasi muda sebuah bangsa akan menjadi generasi yang berkarakter, mandiri, toleran dan bisa hidup berdampingan dengan bangsa-bangsa yang lain. Karena ilmu agama yang benar dapat memerangi radikalisme dan ektrimisme dan memberantasnya dari masyarakat muslim.

Syekh Dr. Ahmad Yakhluf berpesan agar kita sukses sebagai pencari ilmu maka hendaknya kita melakukan hal-hal ini:

Pertama, Niat yang baik karena Allah SWT

Kedua, hendaknya bersabar dalm mencari ilmu

Ketiga, berusaha menghafal pelajaran yang dibaca dan didengar

Keempat, menulis apa yang dipelajari, tapi jangan mengandalkan tulisan saja.

Dan Kelima, senantiasa mengulang dan mengulang materi-materi pelajaran yang telah dipelajari tanpa kenal lelah dan jenuh.

___

Tulisan ini beliau tulis berdasarkan coretan-coretan yang dicatat ketika Syiekh Dr. Ahmad Yahluf menyampaikan tausiahnya dihadapan santri Pondok Pesantren KHAS Kempek, Senin (23/7/ 2018). Kemudian beliau sampaikan pada acara Irsyadat dihadapan para ustadz dan ustadzah Majlis Tahdzibul Mutsaqqofien Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here