Taraweh Toleransi

0
557

KHASKEMPEK.COM – Bulan Ramadhan, sekitar tahun 1994-an, kira-kira, Majlis Tarbiyatul Mubtadiin Pondok Pesantren Kempek Cirebon Jawa Barat kedatangan tamu negara, Pangdam III Siliwangi Bandung.

Saya tidak tahu nama beliau, yang saya ingat, Abuya KH. Ja’far Aqiel Siroj, kakak kandung Ketua Umum PBNU, Abuya KH. Said Aqiel Siroj sebagai pengasuh MTM (Majlis Tarbiyatul Mubtadi’in) sowan ke sesepuh Pondok Pesantren Kempek, Walidiy KH. Umar Sholih Kempek Cirebon Jawa Barat.

Dalam sowan, Abuya KH. Ja’far Aqiel matur pada Walidiy, KH. Umar Sholih bahwa Majlisnya akan kedatangan tamu Pangdam III Siliwangi Bandung dan akan mengikuti sholat taraweh di Masjid kuning (sebutan untuk masjid yang ada di komplek Pondok Pesantren Kempek induk), selain penghargaan dan penghormatan Buya pada Walidiy, juga untuk berjamaah dengan Walidiy KH. Umar dan para santrinya.

Kemudian Abuya matur lagi tentang praktik ibadah sholat taraweh. “Walid, kata Buya Ja’far, pripun menawi tamu saking Bandung nyuwun tarawehnya hanya delapan rakaat?” (Walid, bagaimana jika tamu dari Bandung meminta sholat tarawehnya delapan rakaat?”).

Walidiy KH Umar Sholih menjawab, “Iya ora papa Far, ko sholate ning masjide sira sing anyar, isun ko mana, tapi sholat isyae bae, sebab isune ngimami taraweh ning kene”, (iya tidak apa-apa Far, nanti sholatnya di masjidnya kamu saja yang baru (al Jadied), saya nanti ke sana, tapi hanya mengikuti sholat Isya saja, sebab saya harus mengimami sholat taraweh di sini (Masjid Kuning), demikian ujar Walidiy KH Umar Sholih.

Betapa senangnya Buya Ja’far, pertama masjidnya akan menjadi lokasi penyambutan tamu sekaligus sholat taraweh bersama sejumlah tamu-tamu penting, dan kedua izin atas pelaksanaan sholat taraweh 8 rokaat menghormati tamu.

Dibuatlah agenda rapat-rapat kecil panitia penyambutan tamu dan pelaksanaan sholat taraweh berjamaah di masjid Al Jadied. Ketika saya dipanggil Buya Ja’far atas agenda-agenda itu, saya matur, “Buya, nanti insya Allah santri Kempek akan ikut sholat taraweh di masjid al Jadied, tapi hanya pengurus saja, sebab Walidiy masih tetap melaksanakan sholat taraweh di sini, masjid Kuning”.

Buya Ja”far menjawab, “Iya ora papa Wir, Isun wis seneng oli izin sing Walid, melaksanakan sholat taraweh di al jadied dan hanya 8 rakaat, hehe … “, ujar Buya Ja’far.

Alhamdulillah, batinku, sebuah ilmu yang amat sangat berguna untukku, kelak dikemudian hari.

Untuk Walidiy KH Umar Sholih Kempek dan Buya KH. Ja’far Aqiel Siroj Kempek, Alfatihah.

Penulis: KH. Munawir Amin Mubarok Kertasemaya Indramayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here