Nasihat Kiai Ahsin Syifa Aqiel Tentang Mencari Rizqi

0
511

KHASKEMPEK.COM – Kiai Ahsin sebagai sosok pendiam ternyata sering mengeluarkan kata-kata motivasi atau nasihat yang sangat bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya, di antaranya:

“Aja luruh pegawean sing gawe angel ngelakoni sholat”

Jangan mencari pekerjaan yang membuatmu menjadi susah melakukan sholat.

Nasihat ini berhubungan dengan tujuan diciptakannya manusia di muka bumi yakni untuk beribadah kepada Allah,

وما خلقت الجن والانس الا ليعبدون

Tidak ada tujuan lain dari penciptaanku terhadap manusia dan jin, kecuali hanya untuk beribadah kepadaku.

Selain itu, beliau juga memberikan nasihat yang juga berkaitan dengan cara mencari rizqi.

Suatu hari dalam pengajian wajib santri, beliau menerangkan keutamaan mencari rizqi yang halal, “Rizqi yang didapat dari cara halal pasti digunakan untuk kebaikan, akan tetapi rizqi yang didapat dari cara haram pasti digunakan untuk kejahatan.”

Kemudian beliau melanjutkan, Sesuatu yang kalian makan pada akhirnya ada yang menjadi daging, ada yang menjadi tulang, ada yang menjadi darah yang kemudian dialirkan ke seluruh tubuh, ada yang menjadi tulang dan sum-sum, ada yang menjadi tenaga dan lain – lainnya.

Maka apabila rizqi yang kau makan berasal dari sesuatu yang halal, jika menjadi darah maka darah tersebut dipompa oleh jantung kemudian dialirkan ke seluruh tubuh untuk berbuat kebaikan, seperti beribadah, shodaqoh, menolong orang lain, mengucapkan kalimat-kalimat sopan dll.

Akan tetapi apabila yang kau makan berasal dari cara yang haram seperti hasil mencuri, merampok, menipu, merampas dan lainnya maka pasti akan digunakan untuk kejahatan untuk foya-foya, mencelakai orang lain dan kejahatan lainnya. Bahkan darah yang mengalir dari rizqi yang haram ketika sampai ke otak, maka akan mempengaruhi pola pikirmu menjadi kotor, dan selalu berfikiran negatif.

Kemudian beliau melanjutkan pengajiannya, agar jangan hanya halal yang dicari tetapi juga barokah atau orang lain ridho dengan usahamu, orang lain tidak terganggu dengan usahamu,

البركۃ هي زيادۃ الخير

Barokah adalah kebaikan yang selalu bertambah.

Wallahu A’lam Bisshawaab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here