Merampungkan Alfiyah Ibn Malik di Kempek

1
69

KHASKEMPEK.COM – Bisa merampungkan belajar pada tingkat Alfiyah adalah cita-cita semua anak santri yang masuk ke Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon. Alfiyah, namanya diidam-idamkan semua anak didik di pesantren tersebut (tentu di pesantren lain juga), bak seseorang yang dirindukan kekasihnya.

Bukan hanya karena Alfiyah merupakan kelas tertinggi di pesantren asuhan Kiai Musthofa Aqil itu, tetapi juga karena keberhasilan melewati lika-liku yang amat tidak mudah. Selain wajib hafal 1002 bait nazam Alfiyah, juga wajib bisa menerangkan seterang-terangnya setiap materi yang diberikan Masyayikh.

Kitab Alfiyah Ibn Malik yang diajarkan bukan kitab yang mudah dicerna keumuman orang, bahasanya yang padat dan maknanya mendalam, tidak jarang anak-anak santri mengerutkan dahi memahaminya. Apalagi, kalau diminta untuk menerapkan dalam konteks lain di luar teks tertulis.

Entah kebetulan atau bukan, ada banyak anak-anak santri di pondok dulu yang tidak sampai kuat menyelesaikan Alfiyah. Ada saja cobaan dan godaannya, adakalanya karena tiba-tiba ketika masuk kelas Alfiyah ekonominya kurang, terjerat asmara, bahkan yang umum sampai orang tuanya wafat. Masih banyak selain cobaan-cobaan di tengah Alfiyah yang tidak sedikit membuat santri memilih mengakhiri Alfiyah.

Kelas Alfiyah dilalui selama dua tahun, setelah sebelumnya santri harus melalui 4 sampai 5 tahun menyelesaikan kitab Awamil, Jurmiyah, Imrithi dan Mutammimah. Ngaji Alfiyah memang memiliki keunikan sendiri, karena selain langsung diajar oleh Masyayikh, juga sebab kewajiban hafal 1002 bait dan lihai dalam menjelaskan isi kandungan kitab nahwu yang perlu dimuraja’ah dengan penuh disiplin.

Bukan hanya disiplin dalam memaksimalkan pemahaman atas kitab Alfiyah seribuan bait nazaman itu, tapi juga disiplin muthala’ah dan disiplin berangkat dan tidak boleh telat jika tanpa alasan yang jelas. Karena perlunya kedisiplinan itu, tidak jarang selama proses ngaji Alfiyah banyak anak-anak santri muraja’ah di sawah, atas genteng, danau, kali, halaman sekolah, bahkan ketika waktu sekolah umum berlangsung.

Hari ini sedang diperingati acara khatmil Alfiyah Ibn Malik Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon tahun 2020 dengan protokol kesehatan. Semoga semua Khatimin mendapatkan berkah Imam Ibn Malik, kitab Alfiyah Ibn Malik, berkah Masyayikh, dan berkah pesantren. Amin. Selamat untuk seluruh Khatimin alfiyah dan juga Al-Qur’an yang tahun ini di-khatmil.

Poto di bawah ini adalah (1) Poto saat saya pentas Alfiyah dalam acara khatmil Alifyah 6 tahun silam. Saya masih ingat, pentas di urutan pertama dengan menjelaskan pembahasan bab Ta’ajub, yaitu suatu ungkapan kekaguman dalam bahasa Arab dan Al-Qur’an. Salah satu contohnya saya ingat, yaitu dalam QS. Al Baqarah [2]: 28 dan (2) Poto panggung acara khatmil Alfiyah Ibn Malik tahun sekarang, 2020.

Saya sendiri biasa hadir setiap tahun di Pondok ketika acara khatmil Alfiyah. Namun karena kondisi wabah yang belum membaik mengurungkan untuk datang. Semoga Allah menjaga kita semua. Amin.

Jakarta, 06 September 2020.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here