Tingkatkan Kualitas Guru, MA KHAS Kempek Gelar Pelatihan Pembuatan Media dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Virtual

0
65

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Madrasah Aliyah KHAS Kempek menggelar pelatihan pembuatan media dan evaluasi pembelajaran berbasis virtual. Acara yang diikuti guru-guru ini bertempat di Aula madrasah, Rabu (06/11/2019).

Dalam sambutannya, kepala madrasah KH. Ahmad Zaini Dahlan, Lc., M. Phil mendukung terselenggaranya acara pelatihan ini. Ia menekankan pentingnya guru-guru MA KHAS Kempek untuk menguasai teknologi dalam proses pembelajaran di kelas.

“Kemajuan teknologi merupakan hal yang tidak bisa kita tolak karena teknologi itu penting, terutama dalam dunia pendidikan,” terang beliau.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan peranan guru. “Meskipun teknologi itu hal yang penting tetapi peranan guru itu jauh lebih penting. Jadi teknologi disini hanya sebagai media untuk membantu proses pembelajaran supaya lebih mudah, menyenangkan dan tepat sasaran,” jelas pak Ahmad.

Acara semakin seru dan asyik ketika pemateri yaitu Dr. Dede Trie Kurniawan, S.Si., M. Pd, yang merupakan pakar multimedia mengajak para peserta untuk fokus dan konsentrasi mengikuti acara lewat perkenalan dan ice breaking, sehingga bapak-ibu guru lebih semangat lagi.

Kemudian pak dHeTik (merupakan akronim dari Dede Trie Kurniawan) memberi motivasi agar guru-guru selalu tetap belajar karena seorang guru akan berhenti mengajar ketika ia berhenti untuk belajar.

“Semua orang adalah guru, semua tempat adalah sekolah dan setiap detik adalah belajar,” ucap beliau.

Dalam pelatihan itu, panitia membagi materi dalam 4 sesi. Pertama, pengantar multimedia pembelajaran. Kedua, praktik penyusunan multimedia pembelajaran berbasis virtual. Ketiga, praktik pembuatan animasi (pembentukan kelompok. Keempat, latihan, praktik dan presentasi hasil pembuatan animasi perkelompok. Dan terakhir evaluasi.

Setelah selesai, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan untuk bisa belajar dan berdiskusi bersama bapak dan Ibu guru MA KHAS kempek Palimanan Kab. Cirebon. Maafkan atas segala keterbatasan dan kekurangan dari materi yang disampaikan. Senang Bisa belajar dan bekerjasama dengan bapak ibu untuk ngulik bersama media pembelajaran digital yang unik dan asyik.

“Selamat berkarya di era digital. Semoga berkah atas semua yang telah dan akan kita lakuan bersama,” ucapnya (KHASMedia/MA KHAS Kempek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here