Santri Pondok Pesantren KHAS Kempek berpose sebagai juara MQK Fathul Qorieb se Jawa Barat.

KEMPEK – Penutupan Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW (GMN) Tingkat Jawa Barat  yang diselenggarakan oleh Forum Kajian Kitab Kuning (FK-3) telah selesai ditutup pada Jam 13.30 WIB, yang bertempat di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Ahad (10/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut, semua oficial dari masing-masing peserta lomba harap-harap cemas. Apakah akan menjadi juara atau tidak, mereka diantaranya ada yang datang dari Kuningan, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya, Ciamis, Bandung, Bogor dan lain-lain.

Menurut pengamatan Muhammad Idrus, selaku alumni FK-3, pelaksanaan GMN tahun sekarang sangat meriah sekali karena diawal acara pembukaan, dimeriahkan oleh penampilan Hadroh Al Munsyidin dari Pekalongan dan dilanjut Ceramah oleh KH Muh. Musthofa Aqiel Siroj.

Kemudian barulah digelar perlombaan-perlomban selama lima hari, dari mulai MQK (Musabaqoh Qiroatul Kutub), MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran), MDC (Musabaqoh Dai Cilik), MHMR (Musabaqoh Hadroh Marawis Rebana), MPI (Musabaqoh Puisi Islami), MTTQ (Musabaqoh Tahfidz Tartil Quran), MKQ (Musabaqoh Khat Quran) dan MKTI (Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah).

Dilanjutkan pada hari Sabtu (9/3/2019), panitia mengadakan kegiatan Bahtsul Masail (BM) bekerjasama dengan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Kabupaten Cirebon dengan mengundang para peserta dari Pondok Pesantren se-wilayah 3 Cirebon.

Puncaknya, pada pagi  Ahad digelar acara seminar yang juga sangat meriah sekali. Kemudian siang harinya, dibacakan pengumuman juara perlombaan tersebut.

Masih menurut pak Idrus, Alhamdulillah ditahun 2019 ini, Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon meraih juara 1 MQK Fathul Qorieb, atas nama Saeful Bahri  dan juara harapan 1 MQK Fathul Qorieb, atas nama Zulwi Alwi .

Sebagai informasi, Pondok Pesantren KHAS Kempek bukan untuk pertama kalinya menjuarai MQK Fathul Qorieb diajang GMN FK-3 Se-Jawa Barat, namun sejak dulu pesantren ini selalu merebut juara satu dan dua. Bahkan pernah meraih juara satu, dua dan tiga sekaligus.

Berikut prestasi yang telah dicapai santri-santri KHAS Kempek Cirebon dalam ajang ini:

  1. Tahun 2009: Nuriddin, juara 1 dan Alif Nurjannah, juara 2
  2. Tahun 2010: Nuriddin, juara 1 dan Alif Nurjannah, juara 2
  3. Tahun 2011: Nuriddin, juara 1 dan Alif Nurjannah, juara 2
  4. Tahun 2012: kosong
  5. Tahun 2013: Lufaefi, juara 1 dan Muhammad Idrus, juara 3
  6. Tahun 2014: Uun Unayah, juara 1 dan Muzakki, juara 3
  7. Tahun 2015: Muhammad Abror, juara 1, M. Fadlu Humaidillah, juara 2 dan Panjat Anarki, juara 3
  8. Tahun 2016: M. Fadhlu Humaidillah, juara 1, Abror, juara 2 dan Panjat Anarki, juara 3
  9. Tahun 2017: Panjat Anarki, juara 1, M. Fadlu Humaidillah, juara 2 dan Ghozali, juara 3 serta Laelatul Qomariah, harapan 1
  10. Tahun 2018: kosong
  11. Tahun 2019: Saeful Bahri, juara 1 dan Zulfi Alwi, harapan 1

“Selamat kepada para juara MQK, yang telah mengharumkan nama baik Ponpes KHAS Kempek di wilayah Jawa Barat. Semoga prestasi tersebut bisa menjadikan contoh untuk santri yang masih junior, karena dengan kita mendalami kitab kuning maka kita termasuk orang-orang yang beruntung, yang kelak diharapkan bisa kita amalkan nanti ketika terjun ke masyarakat,” ungkap Kang Idrus.

Ustadz Yanto Iskandar (pembimbing) memberikan apresiasi kepada semuanya. “Semoga selalu istiqomah dalam belajarnya dan penuh barokah dengan semangat yang luar biasa,” ucap Kang Yanto. Amin…

(Khas Media/Kontributor: Idrus)