Kitab Al-Ajurumiyah: Bab Tamyiz, Istisna dan Isim La

0
1395

KHASKEMPEK.COM – Kitab Al-Ajurumiyah merupakan kitab dasar yang menjelaskan ilmu nahwu (gramatical Arabic), yang diajarkan di setiap Pondok Pesantren, termasuk Pesantren Khas Kempek Cirebon.

Berikut had dan terjemah kitab Al-Ajurumiyah Bab tamyiz, istisna dan isim la.

التَّمْيِيِزُ هُوَ الْاِسْمُ الْمَنْصُوْبُ المُفَسِّرُ لِمَا اَنْبَهَمَ مِنَ الذَّوَاتِ، نحو قَوْلِكَ:تَصَبَّبَ زَيْدٌ عَرَقَاً، وَتَفَقَّأَ بَكْرٌ شَحْمَاً، وَطَابَ مُحَمَّدٌ نَفْسًا وَاِشْتَرَيْتُ عِشْرِيْنَ غُلَامًاً، وَمَلَكْتُ تِسْعِيْنَ نَعْجَةً، وَزَيْدٌ أَكْرَمُ مِنْك أَبَاً، وَأَجْمَلُ مِنْكَ وَجْهاً.

Tamyiz ialah isim yang dibaca nashob , yang berfungsi menjelaskan beberapa perkara(dzat) yang samar . seperti contoh ucapanmu: tashabbaba zaidun ‘araqan (telah mengalir zaid,keringatnya) , tafaqqa a bakrun syahman (telah terpecah pecah bakar,lemaknya) , thoba muhammadun nafsan (telah wangi muhammad, badanya), isytaraitu ‘isyrina ghulaaman (aku telah membeli dua puluh orang budak)  , malaktu tis’iina na’jatan (aku memiliki sembilan puluh ekor kambing)  , zaidun akramu minka abaa (zaid itu lebih mulia dari kamu , bapaknya) , ajmalu minka wajhan (dan lebih bagus dari kamu wajahnya).

وَلَا يَكُوْنُ التَّمْيِيْزُ إِلَّا نَكِرَةً، وَلَا يَكُوْنُ إِلَّا بَعْدَ تَمَامِ اْلكَلاَمِ

Dan tidak ada tamyiz kecuali dengan isim nakirah , dan juga tidak ada tamyiz kecuali sesudah sempurnanya kalam/perkataan.

وَحُرُوْفُ الْاِسْتِثْنَاءِ ثَمَانِيَةً، وَهِيَ: إِلَّا، وَغَيْرُ، وَسِوًى، وَسُوًى، وَسَوَاءٌ، وَخَلَا ، وَعَدَا، وَحَاشَا.

Huruf ististna’ ada 8(delapan) yaitu illa , ghairu , siwan , suwan , sawaa’un , kholaa , ’adaa , haasyaa.

فَالْمُسْتَثْنَى بِاِلَّا يُنْصَبُ إِذَا كَانَ اْلكَلَامُ تَامًّاً مُوْجَبَاً ، نحو: قَامَ الْقَوْمُ إِلَّا زَيْدًا، وَخَرَجَ النَّاسُ إِلَّا عَمْرَاً.

Adapun mustastna dengan illa itu harus dibaca nashob apabila keadaan kalamnya tam mujab (sempurna). Contoh : qaamal qaumu illa zaidan (kaum telah berdiri kecuali zaid) , kharajan naasu illa ‘amran (manusia telah keluar kecuali amar).

وَاِنْ كَانَ الْكَلَامُ مَنْفِيَّاً تَامَّاً جَازَ فِيْهِ الْبَدَلُ وَالنَّصْبُ عَلَى الْاِسْتِثْنَاءِ، نحو: مَا قَامَ اْلقَوْمُ إِلَّا زَيْدًاً وَاِلَّا زَيْدٌ.

Kalau kalamnya , kalam tam manfi (sempurna tapi dinafikan) , maka mustastnanya boleh badal dan boleh dibaca nashab karena ististna’. Contoh : maa qaamal qaumu illa zaidan wa illa zaidun (kamu tidak berdiri kecuali zaid) .

وَاِنْ كَانَ الْكَلَامُ نَاقِصَاً كَانَ عَلىَ حَسَبِ الْعَوَامِلِ، نحو: مَا قَامَ إِلَّا زَيْدٌ، وَمَا ضَرَبْتُ إِلَّا زَيْداً، وَمَا مَرَرْتُ إِلَّا بِزَيْدٍ.

Jika kalamnya itu naqis (kurang),yakni tidak ada mustastna minhunya , maka i’rob mustastnanya tergantung pada amil yang mendahuluinya. Contoh : maa qaama illa zaidun (tiada yang berdiri kecuali zaid) , maa dorobtu illa zaidan(aku tidak memukul kecuali pada zaid) , maa marartu illa bi zaidin(aku tidak bertemu kecuali dengan zaid) .

وَالْمُسْتَثْنَى بِغَيْرِ وَسِوًى وَسُوًى ، وَسَوَاءٍ مَجْرُوْرٌ لَا غَيْرُ

Adapun mustastna dengan lafadz ghairu , siwan , suwan , sawaa’in , maka harus dibaca jer.

وَالْمُسْتَثْنَى بِخَلاَ ، وَعَدَا، وَحَاشَا، يَجُوْزُ نَصْبُهُ وَجَرُّهُ ، نحو: قَامَ الْقَوْمُ خَلاَ زَيْداً وَزَيْدٍ، وَعَدَا عَمْرًا وَعَمْرٍو، وَحَاشَا بَكْرَاً وَبَكْرٍ

Adapun mustastna dengan lafadz  ‘adaa , haasyaa , kholaa , boleh dibaca nashob dan boleh dibaca jer. Contoh : qaamal qaumu kholaa zaidan wa zaidin , ‘adaa ‘amran wa ‘amrin , hasya bakran wa bakrin    (kaum berdiri selain zaid) .

اِعْلَمْ أَنَّ لَا تَنْصِبُ النَّكِرَاتِ بِغَيْرِ تَنْوِيْنِ إِذَا بَاشَرَتِ النَّكِرَةَ وَلَمْ تَتَكَرَّرْ لَا، نحو: لَا رَجُلَ فِي الدَّارِ

KETAHUILAH ! sesungguhnya laa nafi itu bisa menashobkan isim nakirah tanpa tanwin , dengan syarat isim nakirahnya muttasil(sambung/bertemu tanpa ada pemisah) dan lafadz laa tidak beruang ulang . contoh : laa rajula fii ddaari ( tidak ada seorang laki laki di rumah ).

فَاِنْ لَمْ  تُبَاشِرْهَا  وَجَبَ الرَّفْعُ وَوَجَبَ تِكَرَ رُ لَا ، نَحْوُ: لَا فِي الدَّارِ رَجُلٌ وَلَا اِمْرَأَةٌ

Jika laa tidak bertemu dengan isim nakirah , maka isim nakirahnya wajib dibaca rofa’ dan laa nya wajib berulang ulang . contoh : laa fii ddaari rajulun walaamra’atua (dirumah tidak ada seorang laki laki dan tidak ada seorang perempuan).

فَاِنْ تَكَرَّرَتْ جَازَ إِعْمَالُهَا وَإِلْغَاؤُهَا، فَاِنْ شِئْتَ قُلْتَ : لَا رَجُلَ فِي الدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةَ، وَاِنْ شِئْتَ قُلْتَ: لاَ رَجُلٌ فِي الدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةٌ

Jika laa berulang ulang , maka hukum laa boleh beramal ( yaitu menashobkan isimnya ) dan boleh tidak beramal . dan jika menghendaki , maka kamu boleh mengatakan : laa rojula fii ddaari walamra’ata , laa rojulun fii ddaari walamra’atun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here