Kitab Al-Ajurumiyah: Bab Munada, Maf’ul Ma’ah dan Maf’ul Li Ajlih

0
1755

KHASKEMPEK.COM – Kitab Al-Ajurumiyah merupakan kitab dasar yang menjelaskan ilmu nahwu (gramatical Arabic), yang diajarkan di setiap Pondok Pesantren, termasuk Pesantren Khas Kempek Cirebon.

Berikut had dan terjemah kitab Al-Ajurumiyah Bab munada, maf’ul ma’ah dan maf’ul li ajlih.

الْمُنَادَى خَمْسَةُ أَنْوَاعٍ: الْمُفْرَدُ الْعَلَمُ، وَالنَّكِرَةُ الْمَقْصُوْدَةُ، وَالنَّكِرَةُ غَيْرُ الْمَقْصُوْدَةِ، وَالْمُضَافُ ، وَالْمُشَبَّهُ بِالْمُضَافِ

Munada itu ada lima macam : munada mufrad alam , nakirah maqsudah , nakirah ghairu maqsudah , mudhof , dan syibeh mudhof    .(serupa dengan mudhof)

فَأَمَّا اْلمُفْرَدُ الْعَلَمُ وَالنَّكِرَةُ الْمَقْصُوْدَةُ فَيُبْنَيَانِ عَلَى الضَّمِّ مِنْ غَيْرِ تَنْوِيْنٍ، نَحْوُ: يَا زَيْدُ وَيَا رَجُلُ

وَالثَّلاَثَةُ الْبَاقِيَّةُ مَنْصُوْبَةٌ لَا غَيْرُ

Adapun munada mufrad alam dan nakirah maqsudah ,maka keduanya di mabnikan dhommah , yakni tidak memakai tanwin . contoh : yaa zaidu wa yaa rojulu . Adapun yang tiga macam lagi ( nakirah ghairu maqsudah , mudhof dan serupa mudhof) maka harus dinashobkan.

وَهُوَ الْاِسْمُ الْمَنْصُوْبُ الَّذِي يُذْكَرُ بَيَانًا لِسَبَبِ وُقُوْعِ الْفِعْلِ، نَحْوُ قَوْلِكَ: قَامَ زَيْدٌ إِجْلَالًا لِعَمْرٍو،وَقَصَدْتُكَ اِبْتِغَاءَ مَعْرُوْفِكَ

Maf’ul min ajlih ialah isim yang dibaca nashob yang berfungsi untuk menjelaskan sebab jatuhnya suatu pekerjaan . Seperti ucapanmu : qaama zaidun ijlalan liamrin (zaid telah berdiri karna menghormati amr), qashadtuka ibtigha’a ma’ruufika ( aku sengaja datang kepadamu , karena aku berharap kebaikanmu).

وَهُوَ الْاِسْمُ الْمَنْصُوْبُ الَّذِيْ يُذْكَرُ لِبَيَانِ مَنْ فُعِلَ مَعَهُ الْفِعْلُ، نَحْوُ قَوْلِكَ: جَاءَ الْأَمِيْرُ وَالْجَيْشَ،وَاسْتَوَى الْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ

Maf’ul ma’ah ialah isim yang dibaca nashob yang disebutkan untuk menjelaskan perkara , yang perkara itu disertai perkara yang lain . seperti ucapanmu : jaa’al amiiru wal jaisya (telah datang seorang panglima beserta pasukanya) , istawal maa’u wal khosyaba  (telah rata air dengan kayu).

وَأَمَّا خَبَرُ كَانَ وَأَخَوَاتُهَا، وَاِسْمُ إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا، فَقَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُهُمَا فِي الْمَرْفُوْعَاتِ، وَكَذَلِكَ التَّوّابِعُ فَقَدْ تَقَدَّمَتْ هُنَاكَ

Adapun khobarnya kaana dan saudara saudaranya , dan isimnya inna dan saudara saudaranya telah diterangkan pada bab isim isim yang dirafa’kan , demikian pula lafadz lafadz yang mengikuti ( na’at , athaf , taukid , badal ) yang semuanya telah diterangkan di bab bab terdahulu .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here