Kiai Musthofa: Agar Futuh Ilmu, Baca Syi’ir Al-Futuh Karya Kiai Aqiel Siroj Ini

5
165

KHASKEMPEK.COM – Pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon, KH. Muhammad Musthofa Aqiel Siroj berpesan kepada para pengurus dan santri agar membaca Syi’ir Al-Futuh karya Almaghfurlah KH. Aqiel Siroj. Hal ini beliau sampaikan pada saat ziarah qubur di maqbaroh masyayikh Kempek, Jum’at (20/11/2020) pagi.

Dalam kegiatan rutinitas pesantren yang dilakukan tiap Jum’at pagi itu, Kiai Musthofa Aqiel menyampaikan syi’ir karya Kiai Aqiel dan berpesan agar para santri membacanya pada tiap waktu, terutama sebelum mengaji, musyawaroh kitab dan muthola’ah.

“Syi’ir Al-Futuh ini hendaknya dibaca oleh para santri pada saat sebelum mengaji, musyawaroh kitab dan muthola’ah,” pesan putra ketiga Almarhum Kiai Aqiel Siroj ini.

Dengan dawuhnya, Kiai Musthofa Aqiel menegaskan kembali agar para santri membaca syi’ir tersebut dengan istiqamah, sehingga mereka cepat mendapatkan kefutuhan ilmu yang sedang dipelajarinya.

“Ketika kamu ingin cepat mendapatkan kefutuhan ilmu yang sedang dipelajari, maka hendaknya kamu istiqamah membaca syi’ir doa enggal futuh ini,” tegas Ketua Umum Majelis Dzikir Hubbul Wathon ini.

Kemudian beliau membacakan syi’ir tersebut yang berbunyi:


وَبِالْفَتْحِ يَافَتَّاحُ عَجِّلْ فُتُوْحَنَا
وَبِالْعِلْمِ يَاعَلَّامُ نَوِّرْ قُلُوْبَنَا

وَبِالرِّزْقِ يَارَزَّاقُ وَسِّعْ اَرْزَاقَنَا
وَبِالْحُسْنِ يَارَبَّاهُ اَحْسِنْ خِتَامَنَا

Wa bil fathi yaa fattaahu ‘ajjil futuuhana
Wa bil ‘ilmi yaa ‘allaamu nawwir quluubana

Wa bir rizqi yaa rozzaaqu wassi’ arzaaqona
Wa bil husni yaa robbaahu ahsin khitamana

Dengan membuka, wahai dzat yang maha pembuka, segerakanlah kefutuhan kami

Dengan ilmu, wahai dzat yang maha mengetahui, terangilah hati kami

Dengan rizki, wahai dzat yang maha pemberi rizqi, lapangkanlah rizqi kami

Dengan kebaikan, wahai Tuhan ku, buatlah menjadi baik akhir hayat kami

Demikian Syi’ir Al-Futuh karya Almarhum Kiai Aqiel Siroj yang ditalqin langsung oleh Kiai Musthofa Aqiel Siroj. Semoga kita semua santri dan alumni Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon bisa istiqamah dalam mengamalkannya, sehingga kita semua cepat mendapatkan kefutuhan ilmu pengetahuan. Amin.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here