Kiai Ahmad Zaeni Dahlan Tekankan Keteladanan Kepada Para Guru

0
389

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – KH Ahmad Zaeni Dahlan dalam irsyadat dihadapan para ustadz Madrasah Tahdzibul Mutsaqqofien (MTM) Putra, Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon, menekankan keteladanan kepada para guru, Ahad (09/02/2020).

Beliau mengatakan bahwa menjadi seorang guru adalah membiasakan dan mencontohkan berbuat baik. Perbuatan baik tadi bisa dimulai dari hal yang paling kecil seperti menyingkirkan batu di jalan atau perbuatan baik yang lain.

Kemudian beliau menjelaskan salah satu hadits dalam Kitab Arba’in Nawawi:

تميط الأذی عن الطريق صدقۃ

Menyingkirkan marabahaya di jalanan termasuk shodaqoh

“Yang dimaksud marabahaya adalah sesuatu yang membahayakan atau mengakibatkan celaka bagi diri sendiri ataupun orang lain, seperti halnya batu, beling, paku, kawat, duri atau sesuatu yangencelakai lainnya,” kata Kang Ahmad.

Lebih lanjut Kiaia Ahmad Zaeni menjelaskan bahwa, seorang guru ketika melihat hal-hal tadi di jalanan maka hendaknya menyingirkannya, karena apabila tidak disingkirkan maka bisa berakibat fatal bagi pengguna jalan.

“Perbuatan tadi di samping menyelamatkan pengguna jalan juga mencontohkan perbuatan yang baik,” tegas menantu Almarhum Buya Ja’far ini.

Terakhir, irsyadat ditutup dengan doa yang dipimpin oleh beliau, KH Ahmad Zaeni Dahlan. (KHASMedia/Abdul Majid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here