KEMPEK – Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan salah bukti kemampuan akademik peserta didik dalam melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan pada salah satu program studi yang ditempuh serta disusun dan dipertahankan sebagai persyaratan wajib untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di MA KHAS Kempek.

Dikutip dari buku Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah MA KHAS Kempek Tahun Pelajaran 2018/2019, KTI harus berkaitan dengan temuan baru pada salah satu disiplin ilmu yang sesuai dengan program studi yang sedang ditempuh peserta didik. Penyusunan KTI harus menghasilkan artikel yang siap dipublikasikan pada jurnal ilmiah.

Adapun alur penyusunan KTI selengkapnya adalah sebagai berikut: 1) Pada awal semester peserta didik kelas XII mengajukan tema karya tulis ilmiah kepada panitia. 2) Nama-nama pembimbing diusulkan oleh panitia. 3) Peserta didik dapat berkonsultasi dan mendapatkan bimbingan dari pembimbing setelah mendapatkan pembimbing. 4) Waktu dan proses pembimbingan diatur sendiri oleh tiap-tiap peserta didik sesuai dengan kesepakatan dengan pembimbing.

Struktur KTI terdiri atas tiga bagian sebagai berikut: 1. Bagian Awal. Bagian ini terdiri atas: (1) Judul (2) Persetujuan. 2. Bagian Isi, terdiri atas: 1) Latar belakang masalah 2) Identifikasi masalah 3) Cakupan masalah 4) Rumusan masalah dan/atau pertanyaan penelitian 5) Tujuan penelitian 6) Manfaat penelitian 7) Kajian pustaka 8) Kerangka teoretis 9) Kerangka berpikir 10) Hipotesiskarya tulis ilmiah (jika ada) 11) Metode penelitian. 3. Bagian Akhir. Bagian akhir sidang KTI berisi informasi atau keterangan yang sifatnya melengkapi usulan penelitian dan dukungan prasarana, seperti jadwal dan rancangan instrumen (kuesioner, panduan wawancara, panduan observasi, dan sebagainya), serta daftar pustaka.

Sebelumnya,Setiyanto, S.Si (Setiyanto Sang Physicalovers), selaku ketua pelaksana program KTI, mengumumkan daftar peserta, pembimbing, penguji KTI lewat grup WhatsApp madrasah, Jum’at (01/09/2018). “Semoga pemberitahuan ini bisa diperhatikan dan dijalankan oleh semuanya dengan sebaik mungkin. Peserta KTI dapat mempersiapkan diri dengan berkonsultasi kepada guru pembimbing sampai hasilnya siap disidangkan didepan penguji,” harapnya.

Untuk mensukseskan program ini, ia bersama tim program KTI akan mensosialisasikan semuanya kepada siswa-siswi kelas XII dengan cara masuk kesetiap kelas mereka. Harapannya semua peserta bisa memahami prosedur dan pedoman penulisan KTI ini. “Nanti masing-masing peserta dan pembimbing akan mendapatkan buku pedoman,” tegasnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, para peserta bisa melihat daftar peserta dan pembimbing di papan pengumuman dan mading madrasah. “Silakan lihat dan cek nama kalian disana. Kemudian hubungi guru pembimbing kalian. Insya Allah dengan mengikuti semua tahapan yang ada, pasti kalian akan bisa menyelesaikannya dengan baik dan mendapatkan hasil atau nilai yang memuaskan,” jelasnya.

*Ditulis oleh: Ibnu Sholeh
*Difoto oleh: Muhammad Arwani
*Foto: dokumen sidang KTI TP. 2015/2016