KEMPEK – OSIS MA KHAS Kempek (OSIMAKA) masa khidmat 2018/2019 telah sukses menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDKO). Acara yang digelar di halaman dan ruang madrasah ini bertema “Menuju OSIMAKA Yang Lebih Inovatif, Kreatif dan Progresif.” Jum’at, (07/09/2018).

Kepala madrasah KH Ahmad Zaini Dahlan, Lc., M.Phil membuka LDKO tersebut. Dalam sambutannya, beliau menerangkan tentang kepemimpinan atau leadership, dalam bahasa Inggris, serta ri’asah, dalam bahasa Arab. Yaitu kemampuan untuk mengarahkan orang lain untuk melakukan aktifitas-aktifitas tertentu, demi tercapainya tujuan-tujuan tertentu. Kemudian beliau mengutip sebuah hadits yang berbunyi “Jika ada tiga orang bepergian, hendaknya mereka mengangkat salah seorang di antara mereka menjadi pemimpinnya.”

Masih dalam kesempatan yang sama, beliau juga berpesan, setiap pemimpin itu harus peka terhadap segala hal yang berada disekitarnya untuk mendukungnya menjadi pemimpin yang sukses. “Seorang pemimpin itu mempunyai tanggung jawab yang berat,” tegas beliau. “Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabdah: ”Setiap dari kalian adalah pemimpin, dan tiap-tiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya.”

Selanjutnya beliau menceritakan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang berhasil menyebarkan agama Islam dengan cepat dan pesat. “Nabi sukses karena beliau seorang pemimpin yang mumpuni. Beliau adalah insan yang sempurna. Beliau juga orang yang sangat demokratis dan selalu konsisten antara ucapan dan tindakannya,” tuturnya.

Menurut Pembina OSIS, Johan Efendi, S.Pd, LDKO ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap pergantian kepengurusan OSIS, yang bertujuan memberikan pembekalan kepemimpinan bagi pengurus OSIS yang baru dalam berorganisasi. Setelah kegiatan LDK para pengurus OSIS yang baru, diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai pemimpin dalam organisasi intra sekolah secara bertanggung jawab, lebih inovatif, kreatif dan progresif.

“Kegiatan dimulai Pukul 08.00 s/d 17.00 WIB, diawali dengan upacara pembukaan. Kedua, materi tentang kepemimpinan. Ketiga, materi tentang manajemen organisasi. Keempat, materi tentang inovasi organisasi. Kelima, ishoma. Keenam, outbond dan terakhir upacara penutupan,” paparnya.

Dua hari sebelum acara, Uninda (salah satu panitia) menerangkan persiapan acara ini, “Kami sudah mempersiapkan semuanya. Dari agenda acara, pemateri, ruangan acara, pos-pos untuk outbond dan lain-lain.” jelasnya. Ia dan teman-temannya berharap OSIS tahun sekarang lebih kompak, lebih maju dan mempunyai program-program yang lebih baik. “Selamat dan sukses kepada OSIMAKA masa bakti 2018-2019. Semoga kalian bisa mengemban amanat ini,” harapnya.

*Ditulis oleh: Ibnu Sholeh Difoto oleh: Muhammad Arwani