Santri MTM Putra Ponpes KHAS Kempek sedang melaksanakan Ikhtibar Tsani (Foto: KHASMedia)

KEMPEK – Dimulai dari hari Sabtu (6/4) sampai Kamis (11/4), seluruh santri Pondok Pesantren KHAS Kempek mengikuti kegiatan paling akhir dari seluruh kegiatan belajar mengajar Madrasah Tahdzibul Mutsaqqafien (MTM) putra, yaitu Iktibar Tsani.

Sebelum para santri bisa mengikuti ujian kenaikan kelas tersebut, mereka diharuskan mengikuti beberapa kegiatan yang menjadi syarat dari agenda tersebut, mulai dari praktek ibadah, Taftisyul Kutub, Muhafadzoh dan lain lain.

Di dalam agenda ini seluruh kitab yang dikaji, mulai dari Safinatun Najah sampai Dahlan Alfiyah semua diujikan kepada para santri. Hal ini bertujuan untuk menyeleksi kemampuan para santri, mana yang sudah layak masuk ke jenjang selanjutnya, dan mana yang harus bersabar mengulang lagi materi pelajarannya.

Ikhtibar tsani adalah salah satu agenda yang di tunggu – tunggu santri, karena perjuangan setahun hampir selesai sudah. Tapi pada satu sisi lain, ikhtibar juga menjadi hal menegangkan bagi para santri, karena disinilah kemampuan belajar para santri diuji (KHASMedia)