Hukum Memakan Daging Kurban Bagi yang Berkurban

0
127
(Foto: istimewa)

KHASKEMPEK.COM – Kurban sendiri ada dua, ada kurban sunah dan kurban wajib. Kurban sunah adalah kurban biasa (bukan nadzar atau kafarot), sementara kurban wajib adalah kurban nadzar dan kafaroh.

Pertanyaan :

Bagaimanakah ketentuan memakan daging kurban bagi kedua jenis kurban tersebut?

Jawab :

a). Kurban Sunah

Jika kurban sunah, orang yang berkurban wajib membagikan sebagian daging kurban, tidak semuanya. Si pengurban sunah memakan daging kurban dengan catatan tidak lebih dari 1/3 daging atas dasar tabarukan (mengharap berkah kurban).

Jika si pengurban memakan semua daging, maka ia harus menggantinya. Mengganti daging (yang tadinya) harus dibagikan terlebih dahulu, lalu biaya pemotongan hewan.

b). Kurban Wajib

Jika kurban wajib (nadzar atau kafaroh), maka si pengurban tidak boleh memakan sedikitpun daging kurban. Wajib mendistribusikan semua.

Jika si pengurban memakan daging, maka harus mengganti sesuai harga daging yang dimakannya.

Referensi :

شرح كتاب غاية البيان شرح زبد ابن رسلان (2/152) :

والفرض في الأضحية المندوبة بعض اللحم لولا بنزر أي التصدق به ولو قليلا لأنها شرعت لإرفاق المساكين ولا يحصل ذلك بمجرد إراقة الدم والمراد به تمليك الفقير المسلم الشامل للمسكين ولو واحدا حرا أو مكاتبا شيئا من لحمها نيئا ليتصرف فيه بما شاء من بيع أو غيره فلا يكفى جعله طعاما ودعاء الفقراء إليه لأن حقه في تملكه لا في أكله ولا تمليكه مطبوخا ولا تمليكه غير اللحم من جلد وكرش وكبد وطحال وعظم ونحوها فلو أكل الكل ضمن القدر الذي كان يلزمه أن يتصدق به ابتداء ومؤنة الذبح على المضحى كمؤنة الحصاد فلا يعطى الجزار منها شيئا وله إطعام الأغنياء منهم لا تمليكهم وكل من المندوب فيأكل ثلثا ويتصدق بالباقي والأفضل التصدق بكلها إلا لقما يتبرك بأكلها فإنها مسنونة ويتصدق بجلدها أو ينتفع به في أستعماله وله إعارته لا بيعه وإجارته دون النذر أي لا يجوز له أن يأكل شيئا من المنذور يعنى الواجب بنذر أو غيره كما في الكفارة سواء أوجب بالتزام كالواجب بالنذر أم بغيره كدم القران والتمتع فلو أكل منه شيئا غرم بدله وقول الشيخين غرم قيمته مفرع على أن اللحم متقوم والأصح أنه مثلى على أنه تطلق القيمة ويراد بها البدل فيشتمل المثلى.اهـ

Wallahu a’lam bisshowab.

Sumber: Santri Ngopi

WA: 087724790484

Silahkan Share!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here