Kegiatan membaca buku di perpustakaan.

KEMPEK — “Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya”, “sebaik-baik guru adalah buku dan buku adalah gudang ilmu” dan “sebaik-baik teman duduk adalah buku”. Pepatah-pepatah tersebut mengingatkan kita semua akan pentingnya membaca sebagai sarana untuk menambah ilmu pengetahuan. Dimana, seharusnya perpustakaan merupakan salah satu tempat favorit untuk membaca buku-buku tersebut, tak terkecuali perpustakaan Madrasah Aliyah KHAS Kempek, Pegagan, Palimanan, Cirebon.

“Membaca itu bisa meningkatkan kualitas siswa-siswi serta menambah intelektualitas mereka. Inilah yang ingin kita budayakan pada peserta didik di madrasah ini,” pesan Kepala Perpustakaan, Nur Muhammad Faid, S.Pd.I, ( Abie Kafa ) saat berbicara dihadapan para pengunjung perpustakaan, Rabu (08/08/2018).

Upaya inilah yang terus dipromosikan olehnya di setiap kelas yang dimasukinya, karena selama ini minat membaca mereka masih rendah sekali, jangankan untuk membaca atau meminjam buku, mengunjungi perpustakaan pun mereka enggan.

Dalam kesempatan yang lain, ia juga pernah mengatakan, ruang perpustakaan MA KHAS Kempek itu sudah cukup besar, ada dua ruang untuk putra dan putri yang letaknya relatif strategis dan koleksi buku-bukunya juga lengkap, dari mulai buku pelajaran, buku umum, buku ensiklopedi, buku agama Islam bahkan novel juga disediakan disini, akan tetapi sangat disayangkan sekali, minat membaca siswa-siswi MA KHAS Kempek itu masih tergolong rendah.

Sebenarnya sudah banyak kiat-kiat yang diterapkan untuk meramaikan dan meningkatkan pengunjung perpustakaan, diantaranya; menyarankan guru-guru mata pelajaran untuk mengajak peserta didiknya belajar di perpustakaan, menambah koleksi buku-buku terbaru dan menata ruang yang nyaman bagi pembaca.

Dari sisi manajemen dan pelayanan juga ditingkatkan, dengan dirombaknya struktur perpustakaan, yaitu dipercayanya beliau oleh Kepala Madrasah untuk menjadi Kepala Perpustakaan, kemudian pustakawan perpustakaan putra yaitu Maman Nuryaman, S.Pd.I ( Kang Maman Nuryaman ) dan diangkatnya Karyanto, S.Pd ( Karyanto Ajja ) sebagai pustakawan perpustakaan putri. Sehingga dengan ini semua, diharapkan bisa membuat murid-murid menjadi senang berkunjung ke perpustakaan madrasah dan tumbuh semangat membaca, mengerjakan tugas atau meminjam buku-buku perpustakaan tersebut. Amin…

*Ket.
– Foto diambil oleh Muhammad Arwani
– Foto diambil di Perpustakaan Putra dan Putri MA KHAS Kempek