KEMPEK – Haul adalah tradisi yang sudah biasa dilakukan oleh sebagian besar umat Islam di Indonesia. Begitu juga yang dilaksanakan oleh para kiai di pesantren. Pada praktiknya, haul merupakan kegiatan untuk mengenang seorang tokoh, alim ulama, kiai dan juga orang tua yang telah wafat. Secara bahasa haul bermakna satu tahun. Sedangkan haul secara istilah adalah peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan dengan wafatnya tokoh masyarakat yang jasa-jasanya selalu dikenang sepanjang waktu.

Tujuan diselenggarakannya haul adalah untuk mengenang jasa orang yang sudah tiada. Begitu juga haul yang akan digelar di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon dalam rangka mengenang dan mendo’akan para sesepuh pesantren yang telah wafat. Beliau-beliau adalah al-marhum KH Aqiel Siroj, KH Nashier Abu Bakar, Nyai Hj Afifah Harun, Nyai Hj Mu’minah Harun, Buya H Ja’far S. Aqiel Siroj dan KH Ahsin Syifa Aqiel serta masyayikh Kempek.

Ketua panitia Gus Muhamad Shidqi mengatakan, haul di Pondok Pesantren KHAS Kempek sudah menjadi kegiatan tahunan. Dalam pelaksanaannya haul digabung dengan khataman al-Qur’an dan Juz Amma. “Insya Allah, acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 06 Oktober 2018. Kami memohon do’a dan dukungan kepada semua pihak terutama santri dan alumni untuk ikut andil serta berkontribusi demi suksesnya acara ini, harapnya.

Menurut H Ahmad Nahdi BJ dan Ahmad Musa (panitia yang menghantar surat undangan kepada Gubernur Jawa Barat) menginformasikan lewat WhatsApp Grup “Panitia Haul Ke-29” bahwa undangan haul untuk Bapak Gubernur sudah diterima oleh beliau. “Beliau juga menghaturkan salam untuk bapak Kiai dan keluarga besar Pondok Pesantren KHAS Kempek. Insya Allah hadir. Terima kasih banyak,” kata Ang Nahdi, Kamis (20/09/2018).

Sesuai dengan rencana, haul tahun ini akan dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, dari mulai Kapolri, Panglima TNI sampai Gubernur baru Jawa Barat. Sementara untuk mauidzoh hasanah akan diisi oleh Rais ‘Aam PBNU, Ketua Umum PBNU dan Gus Muwafiq dari Sleman, Yogyakarta. Adapun jadwal lengkap mengenai acara Haul dan Khotmil Qur’an ke-29 Pondok Pesantren KHAS Kempek bisa dibaca di pamflet yang sudah disebar melalui media sosial.

Monggo dishare. Terima kasih.

*Ditulis oleh: Ibnu Sholeh Didesain oleh: Muhammad Arwani