Disiplin adalah salah satu ajaran yang sangat mulia yang diterapkan dalam Islam. Disiplin sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi sikap disiplin sangat berpengaruh pada kesuksesan seseorang di masa depan. Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk bersikap disiplin, seperti yang diterangkan dalam al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 59, yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

Sedangkan pengertian disiplin yang dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan. Ketaatan berarti kesediaan hati secara tulus untuk menepati setiap peraturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Seperti peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan di sebuah madrasah, yang mana setiap warga madrasah wajib mentaati dan mematuhi peraturan tersebut.

Sikap disiplin juga penting diamalkan di dunia pendidikan, seperti halnya di Madrasah Aliyah KHAS Kempek. Apabila setiap warga madrasah mempunyai sikap disiplin yang tinggi pasti madrasah akan semakin maju. Hal ini seperti apa yang telah dituturkan oleh Akromi, S.Pd.I (Waka Ur. Bagian Kesiswaan), kedisiplinan siswa-siswi MA KHAS Kempek sangat penting untuk kemajuan madrasah ini.

Madrasah yang tertib akan menciptakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang baik. Namun sebaliknya, madrasah yang kurang tertib kondisinya akan jauh berbeda dan proses KBM akan menjadi kurang efektif. Mengajarkan kedisiplinan terhadap siswa-siswi sangat penting dilakukan oleh madrasah, mengingat madrasah merupakan tempat generasi penerus bangsa. Salah satu faktor yang membantu para siswa-siswi meraih sukses dimasa depan yaitu dengan kedisiplinan.

Kemudian pak Akromi memberikan contoh sikap disiplin bagi siswa-siswi MA KHAS Kempek, seperti berangkat dan pulang madrasah tepat waktu, selalu hadir disetiap jam mata pelajaran dikelas, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, membersihkan ruang kelas sesuai dengan jadwal piket, memakai seragam madrasah yang sudah ditentukan dan mengamalkan semua tata tertib yang berlaku di madrasah ini.

Untuk menumbuhkan sikap disiplin, pak Akromi selalu mencontohkan kedisiplinan dihadapan siswa-siswi. Ia juga pernah mengundang anggota TNI dari Koramil Kecamatan Gempol untuk menjadi pembina dalam upacara rutin. Tujuannya adalah untuk memotivasi siswa-siswi MA KHAS Kempek dalam meningkatkan kedisiplinan.

Menjelang libur Mulud atau bulan Rabi’ul Awwal 1440 Hijriyah, pak Akromi juga mengingatkan kepada siswa-siswi untuk memperhatikan pengumuman resmi dari Yayasan KHAS Kempek Nomor: 089/B/Y-KHAS/XI/2018 tentang masa libur, dengan mematuhi ketentuan libur yang sudah ditetapkan, yaitu tanggal 16 – 23 November 2018. “Selamat menikmati liburan. Gunakan waktu libur untuk hal-hal yang positif. Jangan lupa berangkat ke madrasah tepat waktu,” pesannya. Selasa (13/11/2018).

*
– Nara Sumber: Akromi Chalwa
– Gambar didesain oleh: Muhammad Arwani
– Penulis: Ibnu Sholeh
– Referensi: Dikutip dari berbagai sumber