Kiai Ni’amillah: Teladani Kesungguhan Kiai Aqiel dalam Muthola’ah

0
119

KEMPEK – “Sing wekel nderes lan muthola’ah”. Begitulah pesan KH. Ni’amillah Aqiel kepada para asatidz dalam rapat perdana Madrasah Tahdzibul Mutsaqqofien (MTM) Putra, Pondok Pesantren KHAS Kempek, Cirebon, Rabu siang (26/6).

KH. Ni’amillah menceritakan Kiai Aqiel dulu sangat hati-hati dalam mengaji. Beliau selalu muthola’ah terlebih dahulu sebelum mengajar santri-santrinya.

“Kiai Aqiel sangat hati-hati kalau ngajar kitab,” terang Kiai Ni’amillah.

Saking hati-hatinya, imbuh Kiai Niam, Kiai Aqiel pernah meminjam kitab Tafsir Munir milik Kiai Masduqi Gedongan (murid Kiai Aqiel) untuk disalin maknanya.

Semasa Kiai Aqiel masih hidup, Kiai Niam menyaksikan kamar ayahandanya penuh dengan kitab yang digunakan untuk muthola’ah. Bahkan, sampai akhir hayatnya beliau tak pernah melupakan muthola’ah kitab.

“Itu karena Kiai Aqil sangat berhati-hari dalam mengaji,” terang Pengasuh PP. KHAS Kempek ini.

Adik dari Ketum PBNU ini juga perpesan kepada asatidz agar ikhlas dalam beramal. “Saya ketika menjadi pembina haji, diamanati oleh Kang said, “yang ikhlas ya, Am. Diniati membantu orang ibadah”. Justru ketika kita ikhlas, kita mendapatkan yang lebih baik lagi. Maka, mari kita sama-sama ikhlas meniatkan diri kita untuk membantu orang yang ingin mencari ilmu,” pesan beliau. (KHASMedia/aziz/sho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here