Ketika Kiai Said Aqil Sowan Kepada Kiai Mustofa Bisri

0
103

KHASKEMPEK.COM, REMBANG – Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. KH Said Aqil Siradj berkunjung untuk sowan kepada KH Mustofa Bisri, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Senin malam (13/8).

Kunjungan ini dilakukan beliau, sebelum menghadiri acara “Tahlil dan Doa 7 Hari Wafatnya Syaikhina KH Maimoen Zubair” di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang.

Kiai Said yang merupakan pengasuh Ponpes Luhur Al Tsaqafah, Jakarta ini datang bersama rombongan PBNU diantaranya Kiai Robikin Emhas. Dalam pertemuan dua tokoh NU itu ada keteladanan yang terekam dalam sebuah video yang sangat menyejukkan bagi setiap orang yang melihatnya.

Tepatnya ketika Gus Mus keluar dari dalam menuju ruang tamu untuk menyambut kedatangan Kang Said, secara langsung Kang Said berdiri dan menyalami Gus Mus dengan mencium tangannya. Tetapi Gus Mus pun ikut menundukkan kepala untuk menyalami dan mencium tangan Kang Said.

Beragam respon positif bermunculan dalam mensikapi video tersebut. Akun twitter Nahdlatul Ulama menulis:

“AKHLAK: Kedua ulama ini mengajarkan kepada kita tentang akhlak. — Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj sowan Mustasyar PBNU KH Mustofa Bisri di Rembang.”

Ada juga yang merespon dengan tulisan, “Seperti tak ada kesombongan dalam hatinya beliau berdua”.

“Ulama yang tawadhu walaupun berilmu tinggi, tetap hormat sama yang lebih tua. Beginilah ulama yang bisa di gugu dan di tiru”.

“Terima kasih para kiai, mengajarkan kami bersilaturahmi dan adab terhadap yang lebih tua. Tidak peduli jabatan, harta, atau pendidikan, yang mudah sungkem kepada yg lebih tua.”

Dan masih banyak lagi komentar positif yang lainnya. Semoga kita bisa meneladani akhlak mulia beliau berdua. (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here