Bunda Tho’atillah Ja’far: Nabi Mengangkat Martabat Perempuan

0
299

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek Putri, Bunda Tho’atillah Ja’far mengatakan bahwa Nabi Muhammad Saw itu mengangkat martabat perempuan. Hal ini beliau sampaikan dalam acara Maulid Nabi yang digelar organisasi santri putri Pasundan, Jum’at (4/12/2020) pagi.

Lebih lanjut, dalam kegiatan yang diselenggarakan di GOR Munas Pesantren KHAS Kempek itu, beliau menjelaskan bahwa Nabi Muhammad Saw merupakan sosok yang paling baik fisik maupun etika. Nabi pun mengangkat martabat perempuan.

“Pada jaman Jahiliyyah perempuan tidak beda halnya seperti barang tak berguna dijual, dijadikan budak, bayi perempuan dibunuh hidup-hidup serta wanita yang melahirkan bayi perempuan diceraikan tak lain karena aib menurut kaum jahiliyyah,” jelasnya.

Bunda Tho’ah juga menegaskan bahwa Nabi Muhammad Saw hadir membela dan mengangkat derajat perempuan. “Dikisahkan sekelompok wanita meminta Nabi untuk bisa mengisi pengajian bersama mereka, seperti apa yang Nabi lakukan dengan para Sahabat. Nabi pun mengiyakan kan menanyakan tempat dan kapan pengajian itu dimulai,” terangnya.

Dari kisah itu, kata Bunda Tho’ah, menunjukkan betapa Nabi sangat ingin perempuan juga belajar dan punya pengetahuan. “Bukanlah suatu kebetulan sekarang kita sebagai santri apalagi kita perempuan bisa menghirup udara kebebasan dalam belajar dan lain-lain. Semua karena Nabi penyayang pada seluruh umatnya,” jelasnya.

Dalam acara Maulid Nabi itu, Bunda Tho’ah juga mengajak hadirin untuk bersyukur dan membaca shalawat nabi. “Patutlah kita bersyukur dan banyak bershalawat untuk Nabi,” ajak putri Almarhum Buya Ja’far ini.

“Ketika dibacakan shalawat atau kisah nabi dalam barzanji, kita harus meyakini dalam hati, Nabi Muhammad Saw pasti hadir, melihat dan mendengar shalawat kita,” tegasnya.

Bacalah shalawat!, kata Bunda Tho’ah, shalawat pun bisa digunakan untuk mencapai semua hajat kita. “Itu adalah pesan Buya Ja’far kepada saya. Buya diijazahi oleh Kiai Machrus Ali,” Pungkasnya.

Kontributor: MTM Putri

Editor: Tim KHAS Media

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here