Ponpes KHAS Kempek Putri Gelar Khotmil Juz ‘Amma, Alfiyah dan Al-Qur’an

0
134
Khotimat Alfiyah - Santri Putri KHAS Kempek
Khotimat Alfiyah, Santri Putri Pondok Pesantren KHAS Kempek sedang pentas kajian kitab Alfiyah Ibnu Malik (Foto: KHASMedia)

KEMPEK – Pondok Pesantren KHAS Kempek Putri menggelar acara Tasyakkur Khotmil Qur’an, Juz ‘Amma dan Alfiyah Ibnu Malik. Acara dihadiri oleh para kiai, nyai, ustadz/ustadzah, pengurus, santri dan tamu undangan, Sabtu pagi (20/4).

Ribuan pengunjung, tamu undangan dan orang tua santri putri beserta rombongan nampak antusias. Mereka sudah datang ketempat acara semenjak pagi hari. Rasa bahagia dan bangga bisa menyaksikan putrinya khatam Juz ‘Amma, Al-Qur’an dan Alfiyah Ibnu Malik.

Sebelumnya, para khotimat berkumpul di wilayah Al-Qodiemah kemudian berangkat arak-arakan bersama menuju tempat acara, yaitu halaman utama yayasan KHAS Kempek, dengan diiringi rebana dan shalawatan.

Tepat pukul 08.00 WIB, acara dimulai dengan pembacaan tawassul oleh Umi Ny. Hj. Daimah Nashier. Selanjutnya para hadirin semua berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan disusul lagu Ya Lal Wathon. Acara selanjutnya adalah sambutan atas nama ketua umum Madrasah Tahdzibul Mutsaqqofien (MTM) Putri.

Dalam sambutannya, Bunda Ny. Hj. Tho’atillah Ja’far menjelaskan agenda-agenda yang telah dilaksanakan oleh MTM Putri, Pondok Pesantren KHAS Kempek. “Jenjang mengaji di MTM Putri itu ada dua, yaitu wustho dan ulya, dan telah merampungkan semester pertama dan kedua,” tutur beliau.

Beliau melanjutkan sambutannya, “santri-santri putri juga telah melaksanakan praktik ibadah, seperti: menghilangkan najis, mengurus jenazah dan manasik haji. Kemudian acara pra muwaada’ah, yaitu musabaqah qiro’atul kutub, muhafadzhoh nadzom, cerdas cermat dan lain sebagainya. Terakhir, sekarang pada hari ini adalah acara tasyakkur khotmil Qur’an, Juz ‘Amma dan Alfiyah Ibnu Malik. Alhamdulillah sekarang adalah tahun yang kedua mengadakan khataman Alfiyah,” tegas beliau.

Acara selanjutnya adalah pentas khotimat Juz ‘Amma. Sebanyak 360 santri putri dengan khusuk membacakan surat demi surat juz yang ketiga puluh dalam Al-Qur’an (Juz ‘Amma) sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Sebelum pentas kajian Alfiyah Ibnu Malik, Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek, KH. M. Musthofa Aqiel Siroj menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, beliau menjelaskan Al-Qur’an Kempek dan keutamaan Alfiyah Ibnu Malik, serta memohon do’a kepada hadirin, “Mohon do’anya semoga kami keluarga besar Pondok Pesantren KHAS Kempek, Cirebon selalu sehat dan panjang umur dan istiqomah dalam membimbing santri-santri semua, serta santrinya nurut-nurut” tutur beliau.

Pentas kajian kitab Alfiyah Ibnu Malik adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para hadirin, karena sebanyak 28 santri putri mencoba menjelaskan bait-bait dari karya agung Imam Ibnu Malik Al-Andalusy dengan gaya khas santri putri Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon.

Tentu ini adalah kebanggaan tersendiri bagi khotimaat Alfiyah, terutama orang tua mereka, karena cobaan dan ujian mengaji kitab Alfiyah itu terkenal sangat berat sekali, tapi disini, mereka semua bisa menghadapinya dan membuktikan bahwa santri putri KHAS Kempek bisa khatam kitab Alfiyah.

Dipenghujung pentas Alfiyah, mereka membacakan puisi untuk masyayikh Pondok Pesantren KHAS Kempek. Kemudian pembagian syahadah Alfiyah dan terakhir ditutup dengan do’a oleh Ibu Ny. Hj. Shobihah Maimoen Zubair. Tepat pukul 12.00 WIB acara dihentikan terlebih dahulu untuk istirahat, makan dan sholat.

Pada pukul 13.30 WIB acara dilanjutkan kembali, yaitu prosesi khotmil Qur’an. Sebelumnya, acara dibuka terlebih dahulu dengan sambutan oleh KH. Muhammad Bin Ja’far. Beliau menerangkan tentang proses mengaji Al-Qur’an di Kempek yang sangat sulit. “Insya Allah kedepannya akan menggelar khataman Al-Qur’an bil ghoib,” tutur beliau.

Untuk tahun sekarang khotimaat Al-Qur’an sebanyak 143 peserta. Setelah tampil satu persatu sesuai dengan kelompoknya masing, akhirnya acara khotmil Qur’an selesai. Dilanjut dengan pembagian syahadah Al-Qur’an

Acara terakhir adalah tausiyah dan pembacaan do’a khotmil Qur’an oleh KH. Ni’amillah Aqiel Siroj. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa mengaji kitab-kitab yang dikarang oleh para ulama seperti tafsir dan lain-lain adalah untuk memahami makna Al-Qur’an. Beliau juga menerangkan tentang keutamaan bulan Sya’ban.

Alhamdulillah, pada pukul 16.30 WIB seluruh prosesi acara Tasyakkur Khotmil Qur’an, Juz ‘Amma dan Alfiyah Ibnu Malik Pondok Pesantren KHAS Kempek Putri selesai dengan lancar dan sukses.

KHASMedia