Siswa SMP KHAS Kempek Belajar Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS

Palimanan – Pembelajaran demokrasi sangat penting sekali bagi warga Negara Indonesia untuk mewujudkan Negara yang damai, dan dalam berdemokrasi tidak memandang usia. Sebagaimana yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP KHAS Kempek mewujudkan demokrasi melalui pemilihan ketua OSIS (20/10/14).

Pesta demokrasi ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMP KHAS Kempek dengan 6 calon ketua masing-masing putra dan putri yaitu Heri chaIla Gustiawan, Ibadillah, FeriHeryadi, Mansur Maulana, M. Faiq Zamzami, dan Wahyu Agung. Sedangkan untuk calon ketua OSIS Putri adalah Nailul Hana, Umi Isrohati, Aenun Koriah, Habibati Sayidatu, Lana Fauziyah, dan Muntakhobah. Pemilihan ini layaknya pemilihan umum (Pemilu), seperti kampanye untuk mengenalkan diri, memaparkan visi dan misinya, dan tanya jawab dengan audiens.

Dalam kegiatan ini turut dimeriahkan oleh Marching Band Gita Cakrabuanadari SDN 1 Kebonturi yang mengiring para kandidat bersama siswa-siswi mengelilingi yayasan.

Ketua panitia pemilihan ketua OSIS Seprudin Juhri menerangkan, dengan adanya pemilihan ini diharapkan siswa-siswi menyadari pentingnya demokrasi. Proses pemilihan ketua OSIS itu untuk mengajarkan para pelajar menanamkan sifat demokrasi kepada para pelajar. Sehingga nantinya kalau mereka sudah memiliki hak pilih dalam pemilu maka diharapkan kesadaran untuk memberikan hak suaranya lebih tinggi sehingga menekan angka golput. “Itu adalah pengalaman baru buat pelajar yang duduk di kelas VII mereka diajarkan untuk berpartisipasi di sekolah” paparnya. Senada denganJuhri, kepala sekolah melalui wakasek humas, Najhah Barnamij mengatakan bahwa pemilihan jangan dianggap main-main. “Pemilihan ketua OSIS ini dari, oleh, dan untuk siswa, oleh karena itu tidak boleh blangko” ujarnya.Sekitar 626 siswa-siswi ikut ambil bagian memberikan aspirasinya.

Dalam hasil pemilihan tersebut Lana Fauziyah berhasil menang telak dengan memperoleh 91 suara dan berhak menjadi ketua OSIS putri. Sedangkan untuk putra dimenangkan oleh M. Faiq Zamzami dengan memperoleh 77 suara. Sementara surat suara yang blangko sebanyak 29 suara.

Muhammad Tsana