Profil Majelis Tarbiyatul Mubtadiaat (MTM) Putri

MAJELIS TARBIYATUL MUBTADI-AAT
(MTM)
 
MTM-Putri adalah bagian dari pondok pesantren Majelis Tarbiyatul Mubtadi-ien dibawah naungan yayasan KHAS Kempek yang tidak lain di asuh pula oleh buya KH. Ja’far Aqiel dan dibantu oleh putra-putrinya. Putri pertama beliau Nyai Hj. Tho’atillah Ja’far yang mengemban amanah untuk memimpin MTMPutri.
MTM Putri ini memiliki dua komplek, yakni komplek al-qodimah dan al-jadiedah.Komplek Al-qodiemah dibagi menjadi tiga asrama; asrama sayyidah zainab, asrama robi’ah al-adawiyah dan asrama tsuwaibah aslamiyah. Dan komplek al-jadiedah terdiri dari empat asrama yaitu khodijah al-kubro, Fatimah azzahro, sayyidah aisyah dan afifah harun. Dan akan menyusul asrama baru rusunawi yang masih dalam proses pembangunan.
 Sistem pendidikan di Majelis Tarbiyatul Mubtadi-aat menggunakan sistem madrasah(kelas). Yang terdiri dari dua jenjang yakni marhalah wustho; kelas 1,2,3,4 dan marhalah ‘ulya; kelas 1,2&3. Namun ada juga program diluar madrasah seperti mengaji al-qur’an, sorogan kitab kuning, tashrifan,lalaran juga jam’iyah malam jumat atau biasa disebut marhabanan. 
  Seiring berjalannya waktu, jumlah santri MTM Putri meningkat semakin pesat. dan sampai saat ini dihuni oleh sekitar 700 santriwati dari berbagai daerah baik jawa maupun luar jawa.
 Pimpinan MTM Putri dalam melaksanakan tugas tidak lepas dari bantuan jajaran pengurus dipondok yang diketuai oleh seorang ketua pelaksana dan dibantu oleh dewan harian. adapun dewan pengajar dimadrasah diisi oleh para nyai langsung serta ustadz dan ustadzah yang tidak lain adalah santri senior sejumlah 38 guru. MTM Putri selalu berbenah diri untuk terus meningkatkan kualitas juga kuantitasnya, terbukti tidak sedikit prestasi yang diraih oleh santriwati baik skala regional maupun nasional dalam berbagai jenis lomba seperti musabaqoh qiroatul qur’an musabaqoh qiroatul kutub pidato berbahasa arab dan lomba baca puisi.