Lomba Kitab Kuning, PP.KHAS Juara Umum

Pondok Pesantren Kia Haji Aqil Siraj (KHAS) Kempek berhasil meraih juara umum dibabak penyisihan Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) sewilayah tiga Cirebon yang diselenggarakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam rangka melestarikan budaya NU, pada hari Minggu (16/04/17) di aula Radar Cirebon.

Muhammad Idrus selaku pengurus ponpest KHAS Kempek menyambut baik capaian santri KHAS yang berhasil menjadi juara di tigacabang lomba berbeda.Ia menilai semua itu berkat usaha dan doa kiai Kempek. “Masing-masing meraih juara di lomba baca kitab Fathul Qorib, Alfiah, dan Ihya Ulumuddin,”jelasnya saat dikonfirmasi via Whats App.

Sebelumnya, kata Idrus, pengurus menyeleksi perwakilan dari tiap kelas. Santri yang siap mewakili MKK PKB ini yang kami delegasikan. “Penyeleksian ini merupakan bagian dari ijtihad untuk mengharumkan nama ponpest KHAS Kempek,” tutur pria asal Tegal ini.

Lebih lanjut, Idrus menjelaskan bahwa santri yang juara akan mewakili Kabupaten Cirebon di tingkat provinsi. Ia berharap santri KHAS Kempek mampu meraih juara lagi. “Saya meminta doa semua pihak agar santri Kempek bisa lolos ketingkat nasional,” harapnya.

Dalam MKK tersebut, delegasi ponpest KHAS Kempek berhasil meraih juara satu (Jamalulel) dan juara tiga (Alwi Jamalulel) Fathul Qorib, Juara satu (Ibnu Aqil) dan juara dua (Muhammad Idrus) Ihya Ulumuddin, serta juara satu (Panjat) dan juara dua (Muhammad Ghozi) Alfiah.

Kontributor : King Pantura (Sh)