Upacara HUT RI Ke-74, Nyai Najhah Jelaskan Peranan Pahlawan Perempuan

0
147

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – “Banyak pahlawan perempuan yang berperan memperjuangkan kemerdekaan. Kita kenal ada RA. Kartini, Cut Nyak Dhien, Fatmawati Soekarno , Rasuna Said dan masih banyak lagi para pahlawan perempuan yang tidak bisa saya cantumkan satu persatu ini.”

Hal ini seperti yang disampaikan Nyai Najhah Barnamij dalam sambutan pembina upacara HUT RI Ke-74 yang bertempat di lapangan SMP KHAS Kempek, Sabtu (17/8).

Kembali Nyai Najhah Barnamij selaku pembina upacara menegaskan tentang peranan para pahlawan perempuan yang turut serta dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Beliau menyampaikan, di era perjuangan kemerdekaan, banyak sekali wanita-wanita hebat di belakang para pahlawan. Bukan berarti perjuangan wanita tak sehebat laki yang mengangkat senjata, kita harus ingat, dibelakang laki laki yang hebat, ada wanita yang hebat.

Beliau juga menceritakan betapa teguhnya para pahlawan perempuan Indonesia seperti, RA. Kartini, Cut nyak dien, dan lainnya. “Di tengah situasi politik yang mencekam, keterbatasan kemampuan dan pengetahuan, budaya patriarki yang begitu kuat dipegang oleh masyarakat tapi mereka semua mampu mendobrak semua kesulitan itu,” tutur pengasuh asrama putri Madinatus Shalawat itu.

Turut hadir dalam upacara bendera tersebut para ibu nyai, ustadzah dan pengurus serta santri-santri putri Pondok Pesantren KHAS Kempek. (KHASMedia/Ulum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here