Tingkatkan Literasi, Santri Putri Khas Kempek Gelar Ngobras Bersama Penulis Novel Hilda

1
96

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Dalam rangka meningkatkan literasi di lingkungan pesantren, para santri putri Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon menggelar acara Ngobrol Cerdas Bersama Muyassarotul Hafidzoh, penulis Novel Hilda, yang bertempat di Asrama Putri Al-Nashir Al-Manshur, Rabu (9/9/2020) siang.

Dalam acara yang bertema “Santri Millenial Siap Berliterasi” ini, Mbak Muyas (panggilan akrab penulis) menjelaskan tentang novel tersebut. “Hilda itu lahir dari proses keresahan saya ketika mengikuti pelatihan-pelatihan di salah satu lembaga pendidikan dan kesehatan tentang reproduksi perempuan dan tentang ulama perempuan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, novel ini menceritakan tentang sosok wanita kuat yang berjuang mempertahankan kehidupannya dan melawan trauma akibat kekerasan seksual yang dialaminya di bangku sekolah. “Tak lupa di belakang kuatnya Hilda, ada sosok wanita hebat, ibunda tercinta yang selalu merawat Hilda dengan penuh kasih sayang dan ketulusan,” lanjutnya.

Sementara itu dalam sambutannya, pembina Asrama Putri Al-Nashir Al-Manshur, Ponpes Khas Kempek, Bunda Tho’atillah Ja’far menjelaskan tujuan digelarnya acara tersebut. “Tujuan mengadakan acara ini supaya bisa berbagi ilmu tentang bagaimana menulis sebuah karya tulis seperti novel,” ungkap beliau.

Beliau juga mengatakan, “Saya setuju bahwa wanita sekarang berbeda dengan pandangan wanita zaman dahulu yang hanya sebatas kasur, sumur dan dapur saja. Sekarang sudah ada emansipasi wanita, perempuan juga harus sekolah, harus berpendidikan sama seperti laki-laki,” tegas bunda.

Terakhir, beliau memohon kepada penulis untuk bisa berbagi ilmu supaya santri putri Khas Kempek mempunyai kesemangatan dalam menulis dan memiliki wawasan tentang dunia literasi. “Karena sebenarnya, banyak adik-adik yang mempunyai bakat menulis tetapi masih ragu-ragu dan tidak pede menulis. Jujur saya pengin santri sekarang itu selain bisa mengaji juga pintar menulis,” harap beliau. (KHASMedia)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here