Syaikh Fadhil Al-Jilani: Mbah Moen Adalah Waliyullah

0
162

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Syaikh Fadhil Al-Jilani menceritakan perjalannya saat berkunjung ke keluarga KH. Maimoen Zubair di Sarang. Beliau merupakan sosok waliyullah yang mengagungkan Sayyidah Khadijah.

“Mbah Moen adalah waliyullah yang mengagungkan Sayidah Khadijah, sehingga beliau dikuburkan bersama Sayidah Khadijah,” tutur Syaikh Fadhil.

Cucu ke-25 Syaikh Abdul Qodir Jaelani ini menjelaskan bahwa setiap orang akan bersama dengan orang-orang yang dicintainya. Beliau mengutip sabda Rasulullah SAW yang berbunyi.

المرء مع من احب

“Seseorang itu beserta orang yang dicintainya”.

Diceritakan, Nabi Muhammad SAW sangat mengagumi Siti Khadijah. ketika Fathul Makkah, nabi berpesan kepada para sahabat untuk mendirikan tenda di dekat makam Siti Khadijah.

“Buatlah kemah saya di sisi maqbaroh Siti Khadijah,” jelasnya.

Hal ini, kata Syaikh Fadhil, merupakan pertanda Rasulullah sangat mencintai Siti Khadijah. Nabi sampai berhari-hari berkemah di sisi maqbaroh Siti Khadijah.

Lebih lanjut, Syaikh Fadhil menerangkan sifat-sifat waliyullah. Para wali itu mempunyai lima sifat sebagaima diterangkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani di dalam kitab Nahrul Qadiriyah.

Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani menerangkan Aulia dengan kalimat,

لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ .

Hal itu bermakna bahwa aulia itu tidak pernah takut dan sedih. Setelah nubuwah, para wali mempunyai beberapa martabat.

Martabat yang pertama adalah as-shidiq yang diambil dari Abu Bakar as-Shidiq, dalam al-Quran disebutkan, La tahzan inallaha ma’ana. Kedua adalah adil, sahabat Umar bin Khatab adalah orang yang adil kepada keluarga dan orang lain. Ketiga adalah halim, yaitu lemah lembut yang menjadi sifat sahabat Utsman Bin Affan dan keempat adalah al-ilmu wa as-syuja’ yaitu sahabat Ali Bin Abi Thalib yang berilmu dan pemberani.


Syaikh Fadhil menegaskan bahwa akhlaknya para wali adalah akhlaknya para nabi dan akhlaknya nabi adalah Alquran. “Tidak ada yang diambil dari ahli bait Rasulullah kecuali ilmu, ilmu dan ilmu,” terangnya. (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here