Praktik Mengurus Jenazah, Bekal Santri Putri Terjun di Masyarakat

0
458

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Salah satu agenda akhir sanah MTM Putri Pondok Pesantren Khas Kempek adalah praktik ibadah mengurus jenazah. Praktik tajhizul mayit ini sebagai bekal para santri ketika terjun di masyarakat, Ahad (08/03/2020).

Kepala MTM Putri PP KHAS Kempek, Nyai Hj Tho’atillah Ja’far mengungkapkan, para santri diajak praktik secara langsung untuk mengurusi jenazah. Sehingga, mereka paham betul bagaimana mengurus jenazah.

Dalam praktik tersebut, kata Nyaah, santri putri dibimbing mulai dari mentalkin menjelang detik-detik menghembuskan nafas terakhir, memandikan mayit (menyiapkan sabun, kapur barus, kapas dan cotton bud), menyiapkan kain kafan (menggunting dan membuat baju kurung, kerudung, tapih dan dua kain polos lapis dua) dan belajar menshalati mayit.

Terlebih lagi, lanjutnya, praktik tajhizul mayit ini dipandu kader Fatayat PCNU Cirebon, Ibu Shofuroh Khalid. Beliau sangat telaten dan tekun mengajari para santri dalam mengurus jenazah.

Putri sulung al-maghfurlah Buya Ja’far ini berharap santri putri dapat menerapkan dan mengamalkan ilmunya di masyarakat. Karena penerapan dalam lingkungan masyarakat sekarang masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, santri haruslah paham akan hal itu dan mempraktekannya.

“Semoga kegiatan ini menjadi salah satu bekal besok terjun serta mengabdi di masyarakat,” pungkasnya.

Praktik tajhizul mayit ini diikuti oleh kelas Jurmiyah atau kelas 3 wustho yang bertempat di gedung madrasah serta dipantau oleh ustadzah. (KHASMedia)

Penulis: Tim KHASMedia Putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here