Pesantren, Tempat Belajar Mengenal Diri

0
57

KHASKEMPEK.COM – Bukan hanya belajar ilmu agama dengan segala ragamnya, pesantren mendidik santri untuk mengenal diri. Karena mengenal diri jauh lebih sulit daripada mengenal orang lain. Mengenal diri membuat seseorang mengenal orang lain dan mengenal Tuhan-Nya. Sebaliknya, mendahulukan mengenal orang lain seringkali menjerumuskan kepada kebencian, dan sulit untuk memahami diri.

Mengenal diri juga menjadi kunci mengenal ilmu. Allah Swt dalam QS. Al-Baqarah: 171 mengistilahkan mengenal diri dengan membersihkan diri dari sifat-sifat buruk, sebagai syarat seorang hamba memahami ilmu. Mengenal diri membuat pribadi mengedepankan akhlak, dibandingkan sekadar ilmu. Sangat wajar jika memiliki ilmu tidak menjamin seseorang juga memiliki akhlak.

Pentingnya mengenal diri daripada mengenal selainnya membuat pribadi sadar siapa dirinya, yang tidak lain sebagai hamba Allah. Alquran QS. Albaqarah: 50 menggambarkan pribadi yang enggan mau mengenal diri salah satunya sosok Fir’aun, yang dengan kesombongan enggan mengakui Sang Penciptanya. Alih-alih merasa paling benar, ia ditenggamkan ke dalam jurang kebianasaan. Keengganan untuk mengenal diri membuat Fir’aun enggan menjadi pribadi yang manusiawi.

Belajar mengenal diri dibentuk sedari dini melalui pendidikan pesantren. Sedari menjadi Santri yang paling baru di antara yang lainnya, menjadi anak baru dari pengasuh pesantren, melatih sadar diri dan mengenal siapa dirinya. Pribadinya terbentuk secara alamiah. Yang muncul kemudian adalah rasa rendah hati. Mengenal diri membuatnya siap menerima ilmu dari siapapun, dan dalam bentuk apapun.

Pelajaran mengenal diri dibentuk dengan kesadaran akan pentingnya saling mengenal satu sama lain dalam keluarga baru, baik di asrama atau bahkan di kamarnya. Belajar kesalingan, baik saling memahami, saling memberi, saling berbagi, saling menghormati, menyayangi keluarga barunya di pesantren, membentuk kesadaran diri yang terus diasah dan menjadi kepribadian. Pesantren, Tempat Belajar Mengenal Diri.

Depok, 29 Nopember 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here