Peringati Haul, Alumni Khas Jakarta Sampaikan Tiga Pesan Penting Masyayikh untuk Alumni

0
68

KHASKEMPEK.COM, JAKARTA – Sabtu (12/09/2020) Ikhwan Khas Kempek Jakarta menggelar acara Haul Masyayikh Pondok Pesantren Khas Kempek di Ciputat, Tangsel. Dihadiri puluhan alumni Khas Kempek wilayah Jabodetabek, rangkaian haul pada tahun ini mengangkat tema “Membumikan Berkah Sang Murabbi”.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan tahlil oleh Kang Usman Abdul Barri, alumni Ponpes Khas Kempek. Selain tahlil, serasehan alumni, acara haul tersebut juga diakhiri dengan ceramah keagamaan yang juga disampaikan oleh Kang Usman.

Dalam penyampaiannya, Kang Usman, menyampaikan tiga pesan penting Masyayikh Kempek yang harusnya menjadi perhatian penting bagi para alumni.

“Ada tiga pesan penting dari Kiai Kempek yang patut menjadi perhatian kita sebagai alumni. Pertama adalah pesan Kiai Aqil Siroj, yaitu: jangan katakan segala yang kalian tahu, namun ketahuilah segala apa yang kamu katakan.” tegas Kang Usman.

Menurut Kang Usman dalam penyampaiannya, pesan ini memberi isyarat akan pentingnya kita sebagai alumni Khas Kempek untuk tidak ‘sok tau’. Menurut Kang Usman, misalnya, janganlah kita bicara soal kesehatan dalam masalah Covid 19, karena menurutnya, itu bukan bidang yang belum kita geluti, sebagaimana bidang agama.

Sedangkan pesan kedua yang juga penting untuk diperhatikan alumni, lanjut Kang Usman, adalah pesan Almarhum Buya Ja’far Shadiq Aqil Siroj. Pesan beliau, sambungnya, yaitu agar tidak menjadi orang yang pelit kepada sesama.

“Aja dadi wong kang bulit, sing mentingna dewek bae!” tambahnya, dengan menyampaikan pesan Almarhum Abuya Ja’far.

Melalui pesan Abuya ini, kata Kang Usman, sebagai alumni harus saling membantu satu sama lain. Ketika misalnya ada alumni yang sedang membutuhkan sesuatu, sambung beliau, harus sama-sama kita bantu, karena kita satu almamater.

Selain dua pesan penting Masyayikh di atas, ada satu pesan penting yang lain yang juga sangat patut diingat dan dijalankan alumni, yaitu pesan dari Almarhum KH Ahsin. “Pesan penting selanjutnya yang patut diperhatikan bagi alumni adalah pesan Kiai Ahsin, yaitu: jangan cari pekerjaan yang membuat kita sulit untuk melakukan salat lima waktu.” tandasnya di depan puluhan alumni Khas Kempek.

Tiga pesan ini kata Kang Usman, adalah pesan tentang akhlak atau ilmu, kehidupan, dan ibadah. Ini menurut beliau, sangat penting untuk selalu menjadi pegangan bagi alumni di manapun kita berada. Penting untuk menjadi kontrol, apalagi hidup di Ibukota.

Haul yang diperingati setiap tahun ini merupakan haul Kiai Aqil Siroj, Nyai Hajah Afifah Harun, Abuya KH Ja’far Shadiq Aqil Siroj, KH Ahsin Syifa Aqil Siroj, dan sejumlah almarhumin Ponpes Kempek selainnya. Dalam kesempatan tersebut, para alumni berharap bahwa dengan diadakannya haul tersebut mereka dapat terus merasakan keberkahan para Masyayikh Kempek.

Acara haul Masyayikh Pondok Pesantren Khas Kempek yang diadakan oleh alumni Ponpes Khas Kempek wilayah Jakarta ini juga dihadiri oleh beberapa alumni senior, seperti Kang Faizin, Kang Nawawi, dan Kang Nizar. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here