Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs KHAS Kempek

“Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan Pemenuhan Tugas Administrasi”

0
70

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahun 2021 di MTs KHAS Kempek ini dihadiri oleh Tim Penilai, Kepala Madrasah, Waka-Waka dan seluruh guru.

Kegiatan PKKM di MTs KHAS KEMPEK dilaksanakan pada selasa (23/2/2021) bertempat di kantor guru MTs KHAS Kempek yang berlangsung khidmat. Kegiatan PKKM ini dihadiri oleh Tim Penilai (Bpk H. Qosim dan Bpk H. Sholeh), Kepala Madrasah (H. Ni’amillah, M.PdI), Kepala TU (Bpk Mansur, S.PdI), Waka Akademik (Bpk Ikrom, S.PdI), Waka Kesiswaan (Bapak Ja’far, S.PdI), BP/BK dan seluruh guru. Kegiatan dimulai pada pukul 11.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Bpk. Nurhasan, S.PdI selaku pembawa acara, dilanjutkan sambutan dari Bpk. H. NI’AMILLAH selaku Kepala Madrasah. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Tim Penilai PKKM Bpk. H. Qosim & Bpk H. Sholeh. Setelah Sambutan, dilanjutkan dengan wawancara, observasi dan verifikasi dokumen oleh tim penilai PKKM.

Dalam sambutan Bapak Kepala Madrasah mengatakan “PKKM itu ibarat ditiliki oleh orang tua”. Kita mengelola pendidikan harus dilandasi dengan tanggung jawab dan saat inilah kita sedang mempertanggung jawabkan tugas kita, kerja kita, dihadapan tim penilai yang kita ibaratkan sebagai orang tua.

Selanjutnya sambutan tersebut Tim penilai Bpk. H. Qosim menyampaikan bahwa dalam kegitan PKKM ini ada 4 komponen yang akan dinilai yaitu usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, kewirausahaan, dan supervisi kepada guru. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas sebuah sekolah. Apa bila semua komponen itu dilaksanakan dan ada pembuktianya maka sekolah tersebut dapat dikatakan berkualias baik dari segi fisik, SDM guru, dan output (kemampuan siswa).

Sedangkan Bpk H. Sholeh dalam sambutanya menyampaikan bahwa “managerial Bapak Ni’am ini sangat luar biasa, bisa dilihat dari kondisi saat ini. Begitu banyak berkas yang sudah disiapkan, semua guru sangat berantusisas dengan kegiatan ini , hal ini dibuktikan dengan banyaknya guru yang hadir dalam acara ini”. Selanjutnya PKKM merupakan sesuatu keharusan yang wajib dilakukan bagaimanapun kondisinya”, entah itu sekolah yang banyak siswanya maupun sedikit, entah itu sekolah yang berada di pusat kota maupun pelosok. Karena PKKM bisa juga dikatakan akreditasi mini apa lagi MTs KHAS Kempek akan menghadapi akreditasi pada tahun ini. Maka PKKM ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, dikarenakan mayoritas komponen atau isi dari PKKM ini akan ditanyakan juga oleh asesor akreditasi.

Dalam kegiatan PKKM, alhamdulilah 95 % apa yang ditanyakan dan diminta tim penilai dapat kami buktikan dengan dokumen-dokumen yang sesuai dan benar sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar. Tak lupa juga kami ucapkan banyak berterima kasih karena diberikan saran dan masukan oleh Bapak penilai baik itu cara, model, dan contoh dokumen yang masih belum sempurna. Hal ini sangat membantu untuk menghadapi kegiatan akreditasi sekolah yang dijadwalkan tahun ini.

Akhir kata semoga acara PKKM ini dapat menjadikan MTs KHAS Kempek semakin menjadi madrasah yang berkualitas dan memiliki etos kerja yang baik. (MTs KHAS Kempek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here