Nyai Tho’atillah Ja’far: Didiklah Anak Sesuai Zamannya

0
161

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Ketua umum madrasah putri, Nyai Hj. Tho’atillah Ja’far menekankan ketelatenan dan keuletan dalam belajar. Tantangan mendidik santri seiring perkembangan zaman semakin beragam.

Nyai Tho’tillah menjelaskan bahwa kehidupan santri zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu. Sehingga, penanganan serta cara mendidiknya juga berbeda pula.

Beliau mengutip perkataan sahabat Ali bin Abi Thalib, bahwa mendidik anak harus sesuai dengan zamannya.

لا تربوا اولادكم كما رباكم اباءكم، فإنهم خلقوا لزمن غير زمانكم

“Jangan didik anak-anakmu seperti dulu bapak kamu mendidik kamu, karena mereka diciptakan pada masa yg bukan masa kamu dulu” (Ali bin Abi Thalib).

Oleh karenanya, kata Nyai Tho’tillah, para ustadz dan usatdzah harus meningkatkan keuletan dan ketelatenan di zaman sekarang ini seperti balajar menulis.

“Kita sebagai khodimul madrasah harus bisa menyelesaikan berbagai permasalahan santri dan harus mengetahui kondisi santri. Karena yang dibutuhkan oleh para santri di Pondok Pesantren Kempek ini adalah figur seperti kiai dan nyai,” terang Nyai Tho’atillah saat menyampaikan irsyadat di hadapan tenaga pengajar madrasah putri PP. KHAS Kempek, Cirebon, Sabtu (14/09). (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here