Merayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi, Berikut Pesan KH. Muhammad Bin Ja’far

0
212

KHASKEMPEK.COM – Kepada semua santri, alumni dan muhibbin Pondok Pesantren Khas Kempek, pada kesempatan ini saya menyampaikan pesan-pesan Idul Fitri dan pasca Idul Fitri. Bahwa Idul Fitri tahun sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Sehingga makna Idul Fitri yang paling penting bagi kita adalah kita kembali pada fitrah kehidupan kita, apalagi kondisi sekarang ada istilah baru yaitu “new normal” atau normal baru.

Makna dari normal baru ini sebenarnya sangat relevan dengan Idul Fitri, bahwa Idul Fitri bukan orang yang pakaiannya baru, tetapi orang yang ketakwaannya bertambah. Begitu juga kewaspadaannya dan amaliahnya bertambah kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, pesan saya hanya satu bahwa kita tetap menjaga diri dan menjaga kesehatan. Jangan sampai karena Idul Fitri, kita kemaruk atau menambah makanan dan sebagainya, tetapi harus mengikuti protokoler Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kita juga berdoa, semoga kegiatan pondok pesantren cepat normal kembali dengan tetap mengikuti aturan-aturan negara. Dalam hal ini, Pondok Pesantren Khas Kempek belum menetapkan kapan santri bisa kembali ke pondok, tetapi mengikuti perkembangan terkini bagaimana kondisi negara Indonesia.

Insya Allah, kita berdoa, semoga dan yakin Covid-19 cepat selesai dengan doa kita bersama, para ulama dan para sesepuh, sehingga kita bisa kembali melaksanakan kegiatan belajar, mengaji dan kegiatan pesantren yang lainnya dalam keadaan normal. Tetapi dengan catatan sebagai berikut:

Pertama, kita mengikuti new normal atau pola hidup baru. Tidak boleh menggunakan pola hidup lama yang selama ini kita abai terhadap kesehatan, maka mulai saat ini, mulai dari diri kita sendiri, teman-teman, para santri, alumni dan muhibbin di rumah membiasakan pola hidup baru sesuai dengan protokol kesehatan.

Kedua, pada saatnya nanti, kita akan kembali ke pondok untuk beraktivitas dengan mengikuti aturan tersebut, supaya kesehatan dan imun kita kebal, sehingga kita bisa menjalani kehidupan dengan normal. Kita juga berdoa, bershalawat dan bertawassul meminta kepada Allah SWT dan dengan syafaatnya Rasulullah, kita terjaga dari segala wabah penyakit.

Selamat merayakan hari raya Idul Fitri. Liburan cukup di rumah dengan keluarga dan kita menunggu keputusan untuk siap-siap berangkat kembali ke pondok pesantren. (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here