Siswa MA KHAS Kempek sedang belajar kelompok dikelas.

Palimanan (24/07/2018) Kabar gembira bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah KHAS Kempek bahwa Tahun Pelajaran  2018/2019 ini MA KHAS Kempek membuka program baru yaitu program keagamaan sebanyak dua kelas, satu kelas untuk putra dan satu kelas untuk putri.

 

Menurut Kepala Madrasah, KH. Ahmad Zaini Dahlan, Lc, M.Phil, dibukanya program ini bertujuan memberi kesempatan kepada siswa-siswi untuk menyalurkan minatnya dalam bidang keagamaan, terutama santri-santri yang sebagian besar sudah atau sedang mengaji kitab-kitab di Pondok Pesantren KHAS Kempek, sehingga peserta didik bisa menguasai materi agama Islam, berprestasi dalam bidangnya dan dapat bersaing dengan madrasah lain. Beliau juga menegaskan bahwa program keagamaan ini merupakan program khusus untuk menyiapkan generasi ulama masa depan yang berkarakter keindonesiaan atau Islam Nusantara.

 

Merujuk pada struktur kurikulum MA Program Keagamaan yang mengacu pada Kurikulum 2013 (kurikulum nasional).  Materi Tambahan Program Keagamaan adalah:

  1. Materi Dasar, yang terdiri dari: fikih, qur’an-hadis, akhlak, tauhid, sejarah Islam, dan bahasa (Arab dan Inggris)
  2. Materi Pendalaman Minat terdiri dari: usul fikih, ulum al-Qur’an, ulum al-hadis, ilmu bahasa (nahwu, saraf, balagah), mantik/falsafah/kalam.

Kitab-kitab referensi untuk pelajaran MA Program Keagamaan meliputi ‘Aqidatul Awam, Ta’limul Muta’allim, Tafsir Jalalain, Arbain Nawawi, Riyadhus Sholihin dan lain-lain.

 

Jadi sebenarnya mata pelajaran pada kelas keagamaan ini sesuai dengan pelajaran di pondok pesantren yang bersumber langsung dari kitab-kitab kuning, sehingga diharapkan siswa-siswi yang notabene merupakan santriwan dan santriwati bisa mengikuti program ini dengan baik, bahkan bisa lulus dengan hasil yang memuaskan dan melanjutkan ke Universitas Islam di Indonesia ataupun Timur Tengah seperti Maroko dan Mesir, yang kelak dimasa depan mereka bisa berkontribusi untuk kemajuan Islam, bangsa dan negara Indonesia. Amien..

*adminMA