Mading Cakrawala MA KHAS Kempek.

KEMPEK – Cakrawala adalah Majalah Dinding (Mading) yang dibentuk pada tahun 2005 oleh Agung Firmansyah dan kawan-kawan. Dimana “CAKRAWALA” merupakan akronim dari Cakap Kreatif Wawasan Luas Siswa. Tujuan dibentuknya mading ini adalah sebagai sarana menumbuhkan budaya literasi siswa-siswi MA KHAS Kempek.

Dikutip dari wikipedia Majalah dinding adalah salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sementara itu penyajiannya biasanya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya.

Mading memiliki banyak manfaat, dianataranya: 1) Media komunikasi. 2) Wadah kreatifitas. 3) Menanamkan kebiasaan membaca. 4) Pengisi waktu. 5) Melatih kecerdasan berpikir. 6) Melatih berorganisasi. 7) Mendorong latihan menulis.

Menurut Akromi, S.Pd.I (Kesiswaan MA KHAS Kempek) mengatakan bahwa keberadaan mading sering dipandang sebelah mata. Sedikit madrasah yang mengembangkan mading sebagai kegiatan ekstrakurikuler. “Padahal mading memiliki kekuatan besar untuk mengembangkan minat siswa-siswi untuk menulis,” tuturnya, Senin (14/01/2019).

“Saya berharap besar kepada pengurus mading untuk terus aktif memajukan dan mengembangkan mading tersebut. Karena pastinya semua itu akan bermanfaat baik untuk penulis ataupun pembaca mading tersebut,” sambungnya.

Pengurus mading Cakrawala Putra Tahun Pelajaran 2018/2019, Muhammad Bahrul Ulum dan Muhamad Hafidz Fakhriza, terus berinovasi dan berkreasi supaya mading ini semakin diminati untuk dibaca oleh siswa-siswa MA KHAS Kempek, dengan cara membuat konten-konten yang menarik, seperti komik, ngaji bisnis, istagramable, salam redaksi dan teacher of the week.

Sedangkan pengurus mading putri, Mariyatul Qibtiyah menjelaskan mengenai isi Mading Cakrawala Putri, diantaranya: artikel, puisi, anekdot, cerpen, pantun, karikatur, berita terkini, teacher of the week dan sekolah kita. Kami mempunyai kiat yaitu menampilkan konten yang menarik, mading diisi sesuai keinginan siswi, berita yang up to date dan mengadakan door prize. “Dengan ini semua, semoga Mading Cakrawala ini semakin maju dan keren,” harapnya.

Ibnu Sholeh )