Kiai Musthofa Aqiel: Indonesia Bukan Negara Agama, Melainkan Negara Pancasila

0
152

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Ponpes KHAS Kempek menggelar Muhadloroh ‘Ammah (Muam) di Masjid al-Jadid pada pukul 20.30 WIB, Kamis (19/09). Pada kesempatan tersebut, KH. Musthofa Aqiel menanamkan sikap Nasionalisme kepada para santri.

Beliau berpesan kepada seluruh santri untuk turut menjaga keamanan negeri. Karena, tak mungkin dakwah dapat dilakukan apabila kondisi Negerinya dalam keadaan tidak aman.

Pengasuh PP. KHAS Kempek ini mengulas salah satu kaidah fikih sebagai landasan keharusan santri dalam menjaga keamanan negeri.

ما لا يتم والواجب الا به فهو واجب

“Suatu hal yang mana perkara wajib tidak dapat dianggap sempurna tanpanya, maka hal tersebut dihukumi wajib pula”.

Dalam artian, menurut Kiai Musthofa, dakwah adalah hal yang wajib dilakukan oleh santri. Maka, turut berkontribusi menjaga keamanan bangsa demi keberlangsungan dakwah juga wajib.

“Wajib mengamankan negara, karena dakwah kudu aman,” terangnya.

Selain itu, beliau menegaskan bahwa negara Indonesia terlahir bukanlah sebagai negara agama tertentu, karena semua golongan, suku bangsa dan agama turut berjuang membela kemerdekaan bangsa ini.

Oleh karenanya, lanjut Kiai Musthofa, para santri agar tidak terusik dengan pemahaman negara khilafah, karena itu merupakan musuh NKRI. Baginya, pancasila sudah merupakan konsensus ulama dan sejalan dengan syariat Islam.

“Jika memang khilafah adalah cara bernegara yang baik, mana negara yang ingin dicontohkan? Iraq, Syiria, semuanya perang saudara. Mana yang damai?,” tegasnya. (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here