Kiai Musthofa Aqiel Hadiri Haul Ibu Nyai Hj. Fahimah Maimoen

0
222

KHASKEMPEK.COM, SARANG – Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek menghadiri acara Haul Ibu Nyai Hj. Fahimah Maimoen binti KH. Baidlowi (Lasem) ke-VIII di Maqbarah Simpek, Sarang, Rembang, Senin (22/7). Tampak para santri Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang ikut berziarah kubur bersama para masyayikh.

Dikutip dari akun resmi Instagram PP. Al-Anwar Sarang, Kiai Musthofa Aqiel menyampaikan sambutan atas nama perwakilan keluarga.

“Dulu Ibu Nyai Hj. Fahimah Maimoen meninggal dalam keadaan mutawaddliah (berwudlu) dan juga istiqomah dalam sholawat Basyair,” ucap beliau.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa dengan mengajak ziarah kubur, secara tidak langsung, kiai-kiai kita memberikan pendidikan bahwa mendo’akan mereka, orang-orang yang telah meninggal (ziarah kubur) itu termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan kedudukan dari beberapa kedudukan yang mulia. 


Kedudukan pertama yang paling baik yaitu Al-Muhajirin
لِلۡفُقَرَآءِ الۡمُهٰجِرِيۡنَ الَّذِيۡنَ اُخۡرِجُوۡا مِنۡ دِيَارِهِمۡ وَاَمۡوَالِهِمۡ يَبۡتَغُوۡنَ فَضۡلًا منَ اللّٰهِ وَرِضۡوَانًا……ألأية

Kedudukan yang kedua adalah Al-Ansor

وَالَّذِيۡنَ تَبَوَّؤُ الدَّارَ وَالۡاِيۡمَانَ مِنۡ قَبۡلِهِمۡ يُحِبُّوۡنَ مَنۡ هَاجَرَ اِلَيۡهِمۡ……ألأية 

Dan yang ketiga yaitu
وَالَّذِيۡنَ جَآءُوۡ مِنۡ بَعۡدِهِمۡ يَقُوۡلُوۡنَ رَبَّنَا اغۡفِرۡ لَـنَا وَلِاِخۡوَانِنَا الَّذِيۡنَ سَبَقُوۡنَا بِالۡاِيۡمَانِ……ألأية 
Mereka yang mendoakan orang-orang yang telah meninggal.

Terakhir, “Semoga kita semua bisa berkumpul dengan mereka orang-orang yang sholih sholihah di akhirat kelak,” tulis akun  PP. Al-Anwar Sarang.

Sumber: PP. Al-Anwar Sarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here