Kiai Ahmad Zaeni Jelaskan Kunci Keberhasilan dalam Mendidik Santri

0
74

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek KH Ahmad Zaeni Dahlan menjelaskan tentang salah satu kunci keberhasilan guru atau ustadz dalam mendidik murid-muridnya. Demikian beliau sampaikan dalam forum irsyadat di hadapan para ustadz dan ustadzah Madrasah Tahdzibul Mutsaqqofien (MTM) Putri, Senin pagi (06/01/2020).

“Kunci keberhasilan kalian dalam mendidik para santri ialah dengan cara menumbuhkan kepedulian terhadap madrasah, terutama kepada anak didik agar mereka kelak bisa menjadi orang yang bermanfaat,” jelas Kiai Ahmad.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa salah satu caranya dengan mencontohkan yang baik setiap ustadz dan ustadzah dalam hal apapun terutama tepat waktu dalam berangkat ke madrasah.

“Karena dengan dewan ustadz dan ustadzahnya disiplin dan tepat waktu akan menjadi contoh yang bagus bagi seluruh siswi madrasah,” tutur Kang Ahmad.

“Setiap dewan guru madrasah juga harus saling mengingatkan ketika ada ustadz yang berangkatnya tidak tepat waktu, karena ketika yang rajin hanya satu orang namun dewan gurunya banyak yang terlambat, ini sama saja bohong. Berarti kegiatan madrasah belum berjalan dengan maksimal,” tegasnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kita tidak perlu merubah sesuatu yang besar dulu, namun kita rubah sesuatu yang kecil dulu, baru bisa merubah sesuatu yang lebih besar.

Selain itu dalam irsyadatnya, beliau mengingatkan kepada semua jajaran ustadz dan ustadzah untuk semangat dalam mendidik anak didiknya apalagi menjelang akhir tahun yang kegiatan belajar mengajar tinggal beberapa bulan lagi. (KHASMedia/Idrus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here