Kepala MA KHAS Kempek Terangkan Peranan Ekskul Dalam Pesantren

0
30

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Dalam Acara Pelantikan Gabukan Ekstrakurikuler yang digelar di MA KHAS Kempek, KH. Ahmad Zaini Dahlan menerangkan peranan ekskul dalam pendidikan pesantren.

Kepala sekolah MA KHAS tersebut menjelaskan bahwa salah satu peranan pesantren yang sampai diakui negara ialah sebagai Character Building (pembentukan karakter). Di pesantren, para santri ditempa untuk menjadi jiwa yang religius, moderat, intelektual tawadhu atau rendah hati.

Namun, beliau menyadari bahwa banyak sekali santri yang malah cenderung kurang percaya diri dikarenakan sikap tawadhu tersebut. Beliau prihatin akan para santri yang gagal membedakan antara rendah diri dan rendah hati. “Ini yang harus jadi peehatian, banyak santri yang kurang pede dan merasa masih ada yang lebih layak hingga mundur ketika mendapatkan tugas di tengah masyarakat,” tutur beliau.

Dan melalui ekskul, beliau berharap kegiatan tersebut dapat membantu pesantren untuk membentuk karakter siswa MA KHAS yang merupakan santri dalam hal percaya diri, karena dalam kegiatan ekskul, mereka ditempa untuk berani tampil dan kreatif. (KHASMedia/ MA KHAS Kempek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here