Kang Afif Ingatkan Besarnya Tanggung Jawab Guru

0
76

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Kang Afif mengingatkan menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Tanggung jawab seorang guru tidak hanya menguasi materi yang diajarkan, akan tetapi memahamkan siswi siswinya.

“Guru bertanggungjawab penuh agar siswi mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” terang Kang Afif saat menyampaikan irsyadat tadi pagi di halaman kantor madrasah, Sabtu (10/08).

Menantu KH. Ahsin Syifa Aqiel ini menjelaskan penguasaan materi merupakan sesuatu yang urgent bagi seorang guru. Sebab, akan berbahaya jika menyampaikan materi yang tidak dipahaminya.

“Mengajarkan ilmu agama, tetapi tidak paham apa yang kita ajarkan ke siswinya akan menyebabkan sesat dan menyesatkan,” tegasnya.

Oleh karena itu, katanya, seorang guru harus mempersiapkan materi sebelum mengajar. Sehingga, siswa-siswi dapat mencerna pelajaran yang diajarkan .

Kang Afif menceritakan kiai mushonif mengarang kitab dengan penuh kehati-hatian dan teliti saat merangkai kata perkata dalam kitabnya. Bahkan, beliau tirakat terlebih dahulu agar kitab yang dikarangnya sesuai syariat dan tidak menyesatkan orang yang mempelajarinya.

Kang Afif berharap agar para gurus ikhlas dalam mengajar. Karena, ikhlas adalah kunci keberkahan mencari ilmu.

“Kita harus mengajarkan ilmu agama dengan ikhlas agar siswi-siswi madrasah mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” pungkasnya. (KHASMedia/Idrus/Iin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here