Ilmu Tanpa Amal Bagaikan Pohon Tak Berbuah

0
99

Ilmu tanpa amal bagaikan pohon tak berbuah. Tetapi ilmu tanpa akhlaq adalah pohon dengan buah yang busuk yang bisa merusak makhluk yg memakannya.

Sudah banyak kita saksikan orang yang berilmu tapi tidak mempunyai akhlaq sehingga merusak tatanan sosial dan melanggar hukum dan norma.

Tidak ada koruptor yang tidak berpendidikan. Semuanya menyandang gelar jenjang pendidikan yang tinggi. Hanya karena kealphaan satu hal, yaitu akhlaq membuat mereka melakukan hal yang tak seharusnya.

Bapak ini meskipun bukan manusia yang sempurna, mempunyai banyak kekurangan di sana-sini tetapi mempunyai akhlaq yang “njawani”. Dengan Mbah Kung, Bapak selalu merasa rendah diri. Padahal ilmu Bapak sudah sangat mencukupi utk disejajarkan Ulama-ulama masyhur di negeri ini.

Bapak tidak mau menerima pengajian yang dekat dengan Rembang disebabkan karena khawatir su’ul adab terhadap Mbah Kung. Padahal tidak ada aturan dan bisa dipastikan tidak berdosa jikapun menerima undangan pengajian yang dekat dengan Rembang.

Bapak juga tidak mau menghadiri pengajian yang melewati Rembang, kecuali lewat jalur selatan Jawa, dengan alasan yang sama; khawatir su’ul adab.

Allahumma bariklana kama barokta alaihima. 🙏

Sumber: facebook Mas Shidqi

KHASMedia

Baca juga: Mas Shidqi: Mbah, Sampun Pradin Mbah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here