Hubungan Mbah Moen Dengan Mbah Imam Mahrus

0
139

KHASKEMPEK.COM – Waktu jenazah almaghruflah Mbah Moen disemayamkan di Kantor Daker Mekkah, selain Mbahyai Anwar Manshur, hadir juga keluarga Pondok Lirboyo yang lain, yaitu keluarga besar Mbah Imam Mahrus. Ada Bu Nyai Imam Mahrus, Mas Reza dan keluarganya.

Kemarin saya bercerita betapa dekatnya hubungan antara Pondok Pesantren Lirboyo dan Syaikhona Mbah Maimun Zubair. Dan saya meyakini hadirnya Mbah Anwar Manshur dan keluarga Mbah Imam Mahrus bukan kebetulan.

Jika hubungan ruhaniyah Mbah Moen dg Mbah Anwar Manshur adalah antara kyai (Mbahyai War sbg Pengasuh Lirboyo) dengan santri alumninya (Mbah Moen sbg alumni Lirboyo), maka hubungan Mbah Moen dg keluarga Mbah Imam lebih dalam lagi. Mbah Imam Mahrus dan Mbah Moen adalah masih saudara jauh yang bertemu nasabnya kepada Sunan Gunung Jati.

Mbah Moen dan Mbah Imam juga adalah besan, putra Mbah Moen, Gus Rouf menikah dg putri Mbah Imam, Ning Etna. Hubungan dekat Mbah Moen dan Mbah Imam juga adalah hubungan Kyai dan santri.

Santri pertamanya Mbah Moen adalah Mbah Imam Mahrus, putra dari gurunya Mbah Moen sendiri ketika mondok di Lirboyo; Mbah Mahrus Ali. Sungguh hubungan yang unik. Aku meyakini hadirnya sesepuh keluarga Ponpes Lirboyo di persemayaman Almaghfurlah Mbah Moen adalah bukan suatu kebetulan.

Mas Reza dan keluarga besarnya yang sedang kondisi ihram dan kelelahan di wajahnya, memberikan hormat terakhir kepada Mbah Moen. Bu Nyai Imam pun ikut menemani Bu Nyai Maimun sejak di persemayaman hingga pemakaman di Ma’la dalam kondisi lelah dan terik. Bu Nyai Imam menenangkan Bu Nyai Maimun. Masya Allah.

Matur suwun Gusti Allah, Alhamdulillah ‘alaa kulli haal wa bil khusus sudah menghadirkan keluarga besar Ponpes Lirboyo untuk menemani kami, keluarga Mbah Moen, dalam momen krusial ini dari awal hingga akhir.

Sumber: facebook Kang Muhamad Shidqi

(KHASMedia)

Baca juga: Mbah Moen, Kakekku Idolaku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here