Guyonan Kiai Said: Malaikat Heran dengan Kalender NU

0
71

KHASKEMPEK.COM – Para kiai Nahdlatul Ulama (NU) memang terkenal akan guyonannya. Di tengah kesibukannya membaca kitab kuning dan mengurus pesantren, tak mengurangi rasa humor mereka. Humor atau guyonan mereka biasanya disampaikan saat pengajian di depan jemaahnya.

Kiai Haji Said Aqil Siroj salah satunya. Ketua Umum PBNU yang merupakan salah satu muslim paling berpengaruh di dunia ini memiliki beberapa guyonan yang sering diingat jemaahnya.

Kali ini KH Said Aqil Siroj meyampaikan guyonannya soal malaikat munkar nakir di alam kubur. Dalam Islam, diyakini setiap jenazah yang baru dikuburkan ke liang lahat akan didatangi oleh malaikat munkar dan nakir yang bertugas memberikan pertanyaan.

Begini guyonan KH Said Aqil yang dirangkum dari alif.id: “Ada seorang anak muda yang jarang salat meninggal. Setelah dikuburkan, malaikat munkar dan nakir bertanya. Siapa Tuhanmu, Siapa Nabimu? Apa Kiblatmu? Anak muda ini tak bisa menjawab.

Malaikat pun melapor ke Allah, anak muda gak bisa apa-apa? Allah pun menyuruh malaikat untuk bertanya perbuatan baik apa saja yang ia pernah kerjakan? Sang pemuda pun menjawab; saya pasang kelender NU. Malaikat pun bingung dan kembali mengadu kepada Allah. 

Mendengar aduan malaikat, Allah pun memberi jawan biarin anak muda itu tak perlu ditanya lagi. Malaikat heran, kenapa? Ya, orang yang punya kelender NU, berarti ia membela ulama. Itu termasuk amal saleh.” Wakakak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here