Gus Yusuf Khudori: Pancasila Sejalan dengan Al-Quran

0
190

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – Pengasuh Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang, KH. Yusuf Khudori menyampaikan pesan-pesan kebangsaan di hadapan ribuan orang di acara Haul dan Khotmil Quran ke-30 PP. KHAS Kempek, Cirebon, Sabtu (28/09).

Menurut Gus Yusuf, Pancasila dengan Al-Quran sangat berkaitan. Keduanya tidak untuk dipertentangkan satu sama lain.

“Jangan sampai terjebak dalam pertanyaan pilih Pancasila atau Al-Quran,” pesannya. Karena menurut beliau, antara Pancasila dan Al-Quran memiliki korelasi yang sangat erat.

Senada dengan pesan yang disampaikan oleh Gus Yusuf, Ketua PBNU, Prof. Dr. KH. Said Aqiel Siraj menegaskan bahwa orang-orang yang bertanya apakah pilih pancasila atau Al-Quran itu merupakan sebuah kekeliruan. Karena, membandingkan keduanya bukanlah sesuatu yang tepat.

“Pertanyaan seperti itu keliru,” tegas Kiai Said.

Beliau juga berpesan agar kita berpegang teguh dengan sikap tawassuth (moderat) dan tasaamuh (tolerir). Karena dengan keduanya, kita dapat membawa panji Risalah Islam dan Risalah Ahlussunnah Waljamaah dalam ruang lingkup domestik maupun internasional.

“Sikap tawassuth (moderat) dan tasaamuh (tolerir) adalah kunci Risalah Islam dan Risalah Ahlussunnah Waljamaah,” terangnya. (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here