Gema Al-Qur’an Kempekan yang Selalu Menyambut Sang Surya

0
218

KHASKEMPEK.COM – Ponpes KHAS Kempek Cirebon merupakan pondok pesantren yang dikenal dengan ke- khasannya dalam mengaji Al-Qur’an. Di pesantren ini para santri dilatih sedemikian rupa agar menghasilkan alunan nada yang ditetapkan sesuai makhroj bacaan Al-Qur’an.

Mengaji atau deresan Al-Qur’an adalah rutinitas yang ditekuni para santri ketika mereka menimba ilmu di pondok pesantren baik itu dengan cara bil ghoib (hafalan) atau binnadzor (melihat). Umumnya di seluruh pondok pesantren akan melakukan rutinitas tersebut ketika menjelang pagi setelah subuh.

Gema alunan suara Al-Qur’an yang terdengar di pondok pesantren KHAS Kempek sendiri adalah lantunan Al-Qur’an yang khas, jelas dalam makhorijul hurufnya dan nada mengajinya yang unik. Lantunna suara khas ngaji kempekkan itu selalu terdengar mengiringi terbitnya sinar pagi.

Ritinitas mengaji di pondok pesantren KHAS putri akan dilakukan setelah sholat shubuh. Setelah jama’ah sholat Subuh berakhir, para santri mempunyai tekad tinggi untuk berlomba- lomba atau bersaing menjadi yang terdepan. Agar cepat khatam dan tentu menguasai bacaan dengan tepat dan benar.

Agaknya bagi santri pondok pesantren KHAS Kempek tidak ada yang lebih menyenangkan kecuali ketika telah mengkatamakan Al-Qur’an kempekken. Haru, bahagia, senang, tumpah ruah menjadi satu rasa. Tak dapat dikalahkan oleh apapun.

Untukmu yang masih belajar Al-Qur’an di pesantren, terutama pesantren KHAS Kempek, bersungguh-sungguhlah. Di luar sana tak ada yang seindah lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan dengan nada kempekkan seperti kita lantunkan setiap pagi menjelang surya.[]

Penulis: Awwahatillah, Santri Putri An-Nashir Al-Manshur, Ponpes KHAS Putri Kempek Cirebon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here