Cucu Pertama Kiai Musthofa Aqiel Diberi Nama Muhammad Ahdal ‘Athif

0
112

KHASKEMPEK.COM, KEMPEK – “Mulai bengi kien, Kiai Nawawi dipun ditimbali walid kangge nglanggengaken tinggalane Mbah Yai Umar. Mulai malam ini, Kiai Nawawi dipanggilnya walid untuk melestarikan peninggalan Mbah Yai Umar”.

Demikian dawuh Kiai Musthofa Aqiel dalam acara Aqiqah putra pertama Kang Muhammad Shofy (Mas Amud) dan Mbak Najda Aufa Zainab (Yu Nada), sekaligus cucu pertama KH. Muhammad Musthofa Aqiel Siroj dan Nyai Hj. Shobihah Maimoen Zubair serta KH. Muhammad Nawawi Umar dan Nyai Hj. Afwah Mumtazah.

Dalam sambutannya, Kiai Musthofa mengungkapkan rasa bahagia atas kelahiran cucu beliau, “Alhamdulillah, bahwa yang selama ini saya dan Kiai Nawawi memohon sangat kepada Allah yaitu kelahiran cucu pertamanya Walid Nawawi dan juga cucu pertamanya saya,” jelas Bapa Muh.

Masih dalam sambutannya, Pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek ini menambahkan bahwa, “anak ini lahir pada hari Sabtu, tanggal sepuluh sepuluh dua puluh dua puluh atau 10-10-2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 22-02-1442 Hijriyah. Angka yang bagus,” kata beliau.

Mengenai pemberian nama cucu pertama beliau ini, Kiai Musthofa mengungkapkan, “Bayi ini diberi nama oleh Kiai Nawawi dengan nama Muhammad. Ini adalah afdholul asma,” jelas beliau.

“Kemudian saya dan Amud (bapake), dengan mengikuti apa yang diperintahkan Mbah Maimoen, bahwa kalau anak laki-laki ambil dari huruf awal ibunya, kalau anak perempuan ambil dari huruf awal bapaknya, supaya menjadi sayang nantinya, kalau anak laki-laki sayang kepada ibunya dan anak perempuan sayang kepada bapaknya,” terang beliau.

“Karena ibu bayi ini namanya Aufa Najda Zainab, jadi mencari nama yang diawali huruf hamzah. Akhirnya diberi nama Ahdal, yang artinya pemimpin yang tegas. Kemudian ditambahi nama ‘Athif artinya lembut. Jadi namanya Muhammad Ahdal ‘Athif,” sebut beliau.

Terakhir, Kiai Musthofa berdo’a dengan memohon, “Semoga bayi ini menjadi anak yang sholih, bermanfaat, berbakti dan panjang umurnya dalam ibadah,” harap beliau. (KHASMedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here